Ini Humvee, Kendaraan Militer Andalan Tentara AS yang Jatuh ke Tangan Taliban

Tim Detikcom - detikOto
Rabu, 18 Agu 2021 10:48 WIB
A US military humvee (High Mobility Multipurpose Wheeled Vehicle or HMMWV) is seen in the Grier Labouihi region in southeastern Morocco on June 9, 2021 during the
Humnvee milik angkata bersenjata Amerika Serikat kini banyak dikuasai Taliban (AFP/FADEL SENNA)
Jakarta -

Humvee jadi kendaraan militer ringan yang sangat banyak peredarannya di Afghanistan. Namun seiring kepergian tentara Amerika Serikat dari negara tersebut, ratusan sampai ribuan unit kendaraan tersebut jatuh ke tangan tentara Taliban.

Diberitakan sebelumnya, seiring kepergian tentara Amerika Serikat dari Afganistan, ada ribuan kendaraan militer yang ditinggalkan begitu saja dan kini dikuasai tentara Taliban. Sebagian besar diketahui merupakan milik tentara AS, sementara yang lainnya kepunyaan tentara Afganistan.

Di antara kendaraan-kendaraan yang berpindah kepemilikan tersebut, salah satu yang terbanyak adalah HMMWV (High Mobility Multipurpose Wheeled Vehicle) atau kerap disebut Humvee. Jumlah Humvee mencapai 729 unit. Sayangnya, sebanyak 665 di antaranya sudah diambil alih Taliban. Sedangkan 64 lainnya dihancurkan. Demikian dikutip dari Autoblog.

Jumlah Humvee yang kini dimiliki Taliban jumlahnya diyakini lebih banyak lagi. Soalnya pada periode 2010 sampai 2011 saja angkatan bersenjata Afghanistan memesan 3.334 Humvee dari Amerika Serikat. Demikian data yang dihimpun oleh defenseindustrydaily.

Taliban fighters and local residents sit on an Afghan National Army (ANA) Humvee vehicle along the roadside in Laghman province on August 15, 2021. (Photo by - / AFP)Humvee tertara AS yang dikuasai Taliban Foto: AFP/-

Spesifikasi Humvee

Humvee adalah kendaraan kelas militer ringan multifungsi berpengerak empat roda yang diproduksi oleh AM General. Humvee jadi kendaraan militer ringan andalan militer Amerika Serikat di banyak operasi yang mereka lakukan, mulai dari invasi Panama (1989), Perang Teluk, Somalia, dan diterjunkan ke Afganistan tak lama setelah serangan 9/11 di Amerika Serikat.

Humvee malah disebut sebagai 'tulang punggung' angkatan bersenjata AS karena beragam fungsi kerja yang mampu dilakukan kendaraan ini. Saat pasukan koalisi menggempur Irak, dikabarkan ada 10.000 Humvee diturunkan.

Taliban fighters and local residents sit on an Afghan National Army (ANA) Humvee vehicle along the roadside in Laghman province on August 15, 2021. (Photo by - / AFP)Spesifikasi Humvee, Kendaraan Militer Andalan Tentara AS yang Jatuh ke Tangan Taliban Foto: AFP/-

Humvee pertama diproduksi pada tahun 1988, di mana sampai kini total produksinya sudah mencapai sekitar 281.000 unit.

Bicara ukuran fisik, Humvee berbobot 3.856 kg. Panjangnya 4,57 meter dan lebar 4,57 meter. Meski tinggi standarnya 1,83 meter, Humvee bisa dibuat lebih ceper lagi menjadi hanya 1,37 meter.

AM General menyediakan empat pilihan mesin Humvee. Yang pertama mesin berkapasitas 6,2 liter dengan mesin gahar V8 diesel, lalu ada varian 5,7 liter berbahan bakar bensin.

Berikutnya ada pilihan mesin 6,5 liter V8 turbo diesel dan non-turbo diesel.

Tenaga-tenaga yang dihasilkan dari mesin-mesin di atas dialirkan melalui tiga dan empat percepatan otomatis. Power maksimal yang dihasilkan mencapai 190 hp pada putaran 3.400 rpm.

Untuk menunjang performa di medan berat, Humvee dibekali juga dengan suspensi independen 4x4.

Bagaimana dengan top speed?

Dalam keadaan mengangkut beban maksimal, Humvee bisa berlari 89 km/jam. Sementara dalam kondisi normal, kecepatan maksimalnya ada di angka 113 km/jam.

Humvee dijual dengan harga sekitar US$ 251.906 di Amerika Serikat. Itu setara dengan Rp 3,622 miliar.

Modifikasi Humvee

Dalam perkembangannya, Humvee muncul dalam beragan jenis dan wujud modifikasi. Setidaknya ada puluhan modifikasi Humvee yang disesuaikan dengan kebtuhan di lapangan.

Ada Humvee yang bisa menggendong misil, membawa piringan untuk komunikasi dengan satelit, sampai versi ambulans yang dipakai untuk operasi penyelamatan.

Humvee juga ada yang dijual ke publik secara umum mulai tahun 2014. Beberapa dibeli oleh aparat penegak hukum lokal, namun ada juga sipil yang memiliki kendaraan ini.

Mobil-mobil ini umumnya berstatus bekas dan dijual dengan cara lelang.



Simak Video "Kendaraan Militer Tabrak Minivan di Rusia, 2 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)