Ribuan Kendaraan Tentara AS Kini Dikuasai Taliban: Ford Ranger, Humvee, sampai Tank

Tim Detikcom - detikOto
Rabu, 18 Agu 2021 08:29 WIB
Taliban fighters and local residents sit on an Afghan National Army (ANA) Humvee vehicle along the roadside in Laghman province on August 15, 2021. (Photo by - / AFP)
Tentara Taliban menaiki Humvee (AFP/-)
Jakarta -

Seiring kepergian tentara Amerika Serikat dari Afghanistan, ribuan kendaraan yang sebelumnya jadi kendaraan operasional dan kendaraan pengamanan kini berpindah tangan. Jenisnya pun bermacam, dari Ford Ranger, Humvee, sampai tank.

Tentara Amerika Serikat sejak beberapa pekan lalu mulai menarik diri dari Afghanistan. Kondisi ini memunculkan kekacauan di negara tersebut, di mana pasukan Taliban perlahan mulai menguasai banyak kota termasuk Kabul.

Saat pasukan Amerika Serikat, staff, hingga personel lokal dipastikan dievakuasi dengan selamat, berbagai perlengkapan pendukung diperkirakan tertinggal (atau ditinggal) di sana. Salah satunya adalah kendaraan-kendaraan pendukung operasi keamanan pasukan AS.

Dikutip dari Autoblog, setidaknya ada ribuan kendaraan milik tentara Amerika Serikat ditinggal di Afghanistan dan kini dikuasai Taliban.

Disebutkan, tentara Amerika Serikat memiliki 901 Ford Ranger spesifikasi militer di Afghanistan. Dari jumlah tersebut 877 di antaranya sudah dikuasai Taliban, sementara 24 lainnya dihancurkan.

Kendaraan militer lain yang dimiliki tentara AS adalah HMMWV (High Mobility Multipurpose Wheeled Vehicle) atau kerap disebut Humvee. Jumlahnya mencapai 729 unit. Sayangnya, sebanyak 665 di antaranya sudah diambil alih Taliban. Sedangkan 64 lainnya dihancurkan.

Taliban fighters and local residents sit on an Afghan National Army (ANA) Humvee vehicle along the roadside in Laghman province on August 15, 2021. (Photo by - / AFP)Tentara Taliban menaiki Humvee Foto: AFP/-

Bahkan ada kendaraan tempur berat tank yang juga kini dikuasai Taliban. Masih dikutip dari Autoblog, tank milik tentara AS dan angkatan bersenjata Afghanistan paling tidak berjumlah 12 buah gabungan Tank T-54/55 dan Tank T-62. Seluruhnya kini dikuasai Taliban.

Daftar mobil tentara AS yang kini dimiliki Taliban juga termasuk Kendaraan Pengamanan Bersenjata M1117. Jumlahnya ada 60 buah dan 51 di antaranya diambil alih Taliban.

Kendaraan M1117 milik tentara AS yang kini dikuasai TalibanKendaraan M1117 milik tentara AS yang kini dikuasai Taliban Foto: Instagram @analyzeeducate

Beberapa perlengkapan perang lain yang berada di Afghanistan, baik yang sudah dihancurkan atau sudah diambil Taliban, di antaranya adalah drone dan perlengkapan senjata anti-pesawat terbang.

Picture released on April 10, 1987 of abandonned T-54 and T-55 tanks belonging to the Lybian army at Faya-Largeau, after the defeat of Lybian army during the Chadian-Libyan conflict. (Photo by DOMINIQUE FAGET / AFP)Ilustrasi tank T-54 T-55 Foto: AFP/DOMINIQUE FAGET

Kabar dikuasainya ribuan kendaraan milik tentara Amerika Serikat ini membuat Presiden Joe Biden dikritik. Namun di saat bersamaan beberapa pihak meyakini kendaraan dan perlengkapan tempur tersebut tak akan bertahan lama di tangan Taliban.

Ketiadaan SDM untuk merawat kendaraan dan juga spareparts untuk perbaikan membuat kendaraan-kendaraan tersebut akan rusak dalam waktu singkat.



Simak Video "Taliban Klaim Tangkap 600 Anggota Kelompok Ekstremis"
[Gambas:Video 20detik]
(din/riar)