Sempat Diragukan Dorna, MGPA Tetap Optimis Sirkuit Mandalika Gelar WSBK 2021

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Selasa, 20 Jul 2021 07:32 WIB
Progres pembangunan Sirkuit Mandalika
Progres pembangunan Sirkuit Mandalika sudah masuk tahap 86.34% per Minggu (18/7/21) kemarinFoto: dok. Mandalika Grand Prix Association
Jakarta -

Indonesia masih tercatat dalam kalender resmi balapan World Superbike (WSBK) 2021 seri ke-13 yang akan digelar pada 12-14 November 2021 mendatang. Namun, hingga kini Sirkuit Mandalika yang akan menggelar balapan tersebut masih dalam tahap penyempurnaan.

Pihak Dorna sebagai promotor WSBK sempat ragu dan mengkhawatirkan kesiapan Sirkuit Mandalika menggelar ajang balap motor kelas dunia ini.

"Kami lebih mengkhawatirkan kesiapan lintasan daripada regulasi COVID-19," kata salah satu pejabat senior Dorna seperti dikutip Speedweek.

Selain itu, pihak Dorna juga membutuhkan jawaban segera terkait kesiapan Indonesia menggelar WSBK di tahun ini.

"Aspal lintasan balap harus selesai pada Juli, tetapi tidak semua di sekitarnya akan selesai pada November. Kami membutuhkan jawaban segera karena kami harus merencanakan logistik," katanya.

Menanggapi pemberitaan di media asing ini, Chief Strategic anda Communication Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Happy Harinto, mengatakan hingga saat ini komunikasi yang dijalankan oleh pihak MGPA dengan pihak FIM dan Dorna berjalan baik.

"Dalam pembangunan Sirkuit Mandalika, MGPA selalu berkoordinasi dengan konsultan desainer sirkuit Mandalika, yaitu MRK1 Consulting dan beberapa kali telah dilakukan pembahasan dengan FIM dan Dorna terkait teknis standar keamanan sirkuit yang juga selalu diperbaharui," papar Happy kepada detikOto, Senin (19/7/21).

MGPA mengklaim per Minggu (18/7/21) kemarin, sudah menyelesaikan 86.34% pembangunan Sirkuit Mandalika dan mengatakan siap melaksanakan proses lanjutan homologasi dari FIM.

"Homologasi adalah proses berkelanjutan yg dilakukan dalam pelaksanaan pembangunan sirkuit, agar memenuhi standar keamanan yang dipersyaratan oleh FIM, secara prinsip proses homologasi telah berlangsung sejak tahap desain dan kedatangan Dorna serta FIM pada bulan April lalu, dan Sirkuit Mandalika pada akhir Juli ini siap melaksanakan proses lanjutan homologasi dari FIM," papar Happy.



Simak Video "Nggak Sampai Sebulan Lagi Homologasi, Sirkuit Mandalika Sudah Selesai 80%"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/lua)