Pembangunan Race Control di Sirkuit Mandalika Rampung 65%, Siap Sambut Homologasi

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Kamis, 15 Jul 2021 17:34 WIB
Progres pembangunan bangunan race control Sirkuit Mandalika sudah masuk tahap 65%
Progres pembangunan bangunan race control di Sirkuit Mandalika sudah masuk tahap 65% pada Rabu (14/7/21) kemarinFoto: Instagram @themandalikagp
Jakarta -

Progres pembangunan Sirkuit Mandalika saat ini sudah kian dekat dari kata rampung. Paralel dengan pengerjaan lintasan balapnya, Sirkuit Mandalika sudah menyelesaikan 65% bangunan race control dan mengklaim siap sambut homologasi di akhir Juli ini.

Hadirnya ruang pengendali balapan atau race control adalah aspek yang wajib dimiliki dari sebuah sirkuit. Tentunya pada homologasi yang akan dilakukan oleh FIM dan Dorna nanti, Sirkuit Mandalika harus dapat menunjukkan ruang race control yang layak.

[Gambas:Instagram]

"Pecinta MotoGP pasti sudah familiar dengan Race Control yang merupakan ruangan khusus untuk melakukan supervisi dan mengatur jalannya balapan," tulis Mandalika Grand Prix Association (MGPA) di sebuah konten Instagram yang mereka pada Rabu (14/7/21) kemarin.

"Race control juga menjadi salah satu dari sekian banyak aspek yang akan dihomologasi dalam waktu dekat," lanjut MGPA.

Menariknya, pihak MGPA tidak hanya menyiapkan ruang race control yang sesuai standar FIM dan Dorna, namun juga membuat tempat race control ini ikonik.

"Eits...ini bukan bangunan race control biasa, uniknya, desain atap bangunan dua lantai ini terinspirasi dari desain atap Bale Lumbung," tulis MGPA.


"(Bale Lumbung adalah) salah satu jenis rumah adat Desa Sasak Sade di Lombok Tengah yang merupakan simbol kemakmuran dan kesejahteraan bagi masyarakat suku Sasak dan juga sebagai lambang identitas dari Lombok Tengah," lanjut mereka.

Meskipun bangunan race control ini dikerjakan dalam bayang-bayang homologasi yang tidak lama lagi akan dilakukan, tapi pihak MGPA mengaku optimis bangunan ini akan selesai tepat waktu.

"Oleh karena itu pembangunan Race Control di Sirkuit Mandalika pun semakin dikebut dan hingga saat ini sudah mencapai 65% dan akan selesai pada akhir Juli mendatang," tulis MGPA.



Simak Video "Nggak Sampai Sebulan Lagi Homologasi, Sirkuit Mandalika Sudah Selesai 80%"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/din)