Ada PPKM Darurat, Pembangunan Sirkuit Mandalika Tak Terganggu

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Minggu, 04 Jul 2021 15:19 WIB
Sirkuit Mandalika
Ilustrasi pembangunan Sirkuit Mandalika Foto: (Wisnu/20detik)
Jakarta -

Pemerintah menarik rem darurat dengan PPKM Darurat Jawa-Bali. Kondisi meningkatnya penyebaran Covid-19 ini tentu berdampak kepada banyak pihak. Namun, bagaimana dengan pembangunan Sirkuit Mandalika?

Happy Harianto, Chief Strategic and Communication Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mengatakan bahwa tentu dengan adanya PPKM Darurat di Jawa-Bali berdampak kepada pembangunan Sirkuit Mandalika. Namun menurutnya, saat ini semua masih sesuai rencana dan jadwal.

"Tentu dampaknya ada, tapi semua bisa kami atasi dan pembangunan sirkuit semua sesuai plan," ujar Happy Harinto kepada detikOto pada Minggu (7/7/21).

Menurut Happy, saat ini seluruh kegiatan dan aktivitas pembangunan Sirkuit Mandalika tetap mengedapankan unsur kesehatan dan protokol kesehatan ketat dilakukan di tempat proyek sirkuit ini dibangun.

"Untuk pembangunan di lapangan sendiri kami melakukan Prokes yang sangat ketat dengan seluruh tim di lapangan," papar Happy.

Sirkuit Mandalika dijadwalkan akan dihomologasi oleh pihak Dorna dan FIM pada akhir bulan ini. Namun menurut MGPA, karena kondisi pandemi yang semakin mengganas di Indonesia ini perlu realistis menghadapinya.

"Jadwal homologasi awal oleh Dorna dan FIM seyogyanya dilaksanakan pada akhir bulan Juli atau awal Agustus tahun ini. Namun kita juga harus realistis dengan memperhatikan situasi darurat kasus Covid-19 di Indonesia, kita harap kasus Covid-19 ini dapat segera menurun," papar Happy.

Saat ini progress pengerjaan Sirkuit Mandalika, sudah masuk ke tahap pengaspalan layer kedua dari tiga layer yang akan dilaksanakan. Selain itu, untuk bagian gravel sudah hampir selesai alias di angka 99% progresnya.

"Progres pembangunan saat ini hingga tanggal 4 Juli, progress pembangunan sudah masuk 80%. Pengaspalan layer kedua (dari 3 layer yang akan dilaksanakan ) segmen 1, sudah dimulai hari Sabtu kemarin dan sampai hari ini sudah sampai 510 meter dari total 4310 meter," papar Happy.

"Progress gravel 99% per 27 Juni, outer dan inner road aspal sekarang sudah memasuki tahap 95%, sedangkan untuk medical centre dan race control sudah dalam pengerjaan, untuk yang lainnya masih terus progress sesuai plan," papar Happy.

Sirkuit Mandalika akan segera dihomologasi oleh pihak Dorna dan FIM. Homologasi ini direncanakan akan berlangsung pada akhir Juli 2021 mendatang.

Pihak MGPA mengaku optimis dan sampai saat ini masih memegang rencana dari pihak Dorna tersebut.



Simak Video "Nggak Sampai Sebulan Lagi Homologasi, Sirkuit Mandalika Sudah Selesai 80%"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)