Asyik...Anies Siapkan Mobil Vaksin Keliling di Jakarta

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Kamis, 08 Jul 2021 14:40 WIB
Vaksinasi Keliling Pemprov DKI Jakarta
Mobil vaksinasi keliling yang digagas Pemprov DKI (ANTARA/MENTARI DWI GAYATI)
Jakarta -

Untuk mempercepat vaksinasi kepada seluruh masyarakat, Pemprov DKI Jakarta telah melakukan uji coba mobil vaksin keliling. Nantinya, mobil ini akan menyasar sejumlah warga yang sampai saat ini belum mendapatkan vaksin dosis pertama.

Dalam akun resmi Facebook Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan bahwa akan ada 16 mobil vaksin keliling yang beroperasi di Jakarta. Fasilitas ini merupakan wujud kolaborasi pemerintah yang dibantu oleh berbagai elemen mulai dari Polda Metro Jaya, Kodam Jaya hingga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Total sebanyak tiga mobil didatangkan dari Polda Metro Jaya, tiga dari Kodam Jaya, dua dari Kemendikbud, lima dari DKI Jakarta, dan tiga dari PT Magenta Mediatama. Hadirnya mobil vaksinasi keliling ini merupakan kolaborasi Jakarta Experience Board dengan Aprindo, Apindo, Hippindo, Kadin, dan tenaga relawan.

Dengan kehadiran mobil vaksin keliling, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta optimistis dapat lebih cepat mencapai target vaksinasi sebanyak 8,8 juta warga. Hal ini sesuai arahan yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada akhir Agustus lalu.

Anies berharap, dengan beroperasinya 16 mobil vaksin keliling ini dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat dan terus mempercepat vaksinasi bagi warga DKI Jakarta.

"Dengan beroperasinya 16 mobil vaksin keliling ini, diharapkan akses terhadap vaksin akan lebih mudah menjangkau ke seluruh lapisan masyarakat kapan saja dan di mana saja," tulis Anies dalam akun Facebook miliknya.

Sebelumnya, Polres Metro Jakarta Pusat juga meluncurkan vaksinasi COVID-19 mobile. Peluncuran vaksinasi mobile ini dilakukan untuk mendukung pemerintah dalam upaya percepatan vaksinasi COVID-19.

"Vaksinasi keliling ini mendasari perintah Bapak Presiden, kebijakan Gubernur DKI, sekitar 8,8 juta (warga) di akhir Agustus harus sudah divaksinasi. Kemudian di awal Agustus, Bapak Presiden menargetkan 7,5 juta penduduk DKI harus divaksinasi," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Hengki Haryadi, Rabu (7/7/2021).

Nantinya akan ada empat titik vaksinasi mobil yang sudah disiapkan oleh Polres Metro Jakarta Pusat dalam rangka pelaksanaan vaksinasi keliling tersebut.

"Empat titik di Johar baru, Sawah Besar, ada berapa titik lah. Empat mobil," ujar Hengki.



Simak Video "Vaksin Moderna untuk Umum, di Mana dan Apa Saja Syaratnya?"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)