Kualitas Jalanan di Jakarta Buruk, Kapan Sih Diperbaikinya?

M Luthfi Andika - detikOto
Selasa, 29 Jun 2021 18:48 WIB
Memasuki musim penghujan banyak jalanan di Jakarta yang berlubang. Petugas Bina Marga pun melakukan penambalan lubang tersebut.
Saat Dinas Bina Marga Memperbaiki Jalanan di Jakarta Foto: detikcom/oto.detik.com
Jakarta -

Banyaknya kualitas buruk jalanan di Jakarta kerap membuat geram para pengendara, bagaimana tidak selain bisa lebih cepat membuat haus ban atau membuat ban lebih cepat menjadi gundul, kualitas jalanan yang buruk kerap menjadi penyebab kecelakaan di jalan. Terus kapan sih Pemprov DKI Jakarta melakukan perbaikan jalanan untuk mendapatkan kualitas terbaik?

Rupanya untuk bisa memperbaiki jalanan di DKI Jakarta ada beberapa langkah yang harus dilalui, seperti yang disampaikan Kepala Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta Hari Nugroho kepada oto.detik.com.

Hari menjelaskan untuk bisa melakukan perbaikan jalan itu membutuhkan analisa atau kajian terlebih dahulu.

"Perbaikan jalan dilakukan berdasarkan analisa atau kajian terhadap hasil pengecekan rutin dan juga aduan dari masyarakat yang akan dikategorikan sesuai kondisinya," jawab Hari.

Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Boulevard Raya yang rusak kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (28/2). Menurut keterangan warga jalan tersebut rusak karena proyek jalan tol dan akibat dampak banjir yang memperparah kerusakan sehingga jalanan menjadi penuh lubang dan becek menyebabkan bahaya kepada pengendara motor.Ilustrasi sejumlah kendaraan melintas di Jalan Boulevard Raya yang rusak kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (28/2). Menurut keterangan warga jalan tersebut rusak karena proyek jalan tol dan akibat dampak banjir yang memperparah kerusakan sehingga jalanan menjadi penuh lubang dan becek menyebabkan bahaya kepada pengendara motor. Foto: Pradita Utama

Hari juga mengatakan untuk bisa melakukan perbaikan tergantung dari kondisi jalanan dan di situlah peran analisa, apakah kondisi kerusakan itu ringan, sedang atau besar, baru mengambil keputusan untuk memperbaiki atau tidak.

"Untuk kategori kerusakan ringan dilakukan dengan perawatan rutin seperti penambalan lubang dengan coldmix oleh tim satgas, untuk kategori kerusakan sedang dilakukan perawatan berkala seperti overlay area permukaan jalan, sedangkan untuk kerusakan berat dilakukan peningkatan jalan dengan perbaikan jalan mulai dari pondasi perkerasan hingga area surface atau permukaannya," penjelasan Hari.

Tapi apakah Pemprov DKI Jakarta kerap menerima keluhan atas kurang bagusnya jalanan di Jakarta?

"Secara umum, tingkat aduan masyarakat terhadap kondisi jalan di Jakarta masih berada di tahap yang normal. Namun Dinas Bina Marga (DBM) berkomitmen untuk terus menekan persentase kerusakan jalan di Jakarta dan menindaklanjuti setiap aduan yang masuk secara cepat dan tuntas sehingga warga Jakarta dapat aman dan nyaman dalam melakukan aktivitas," tutup hari.



Simak Video "Aspal Lebih Halus, Tapi Kenapa Beton yang Dipakai untuk Jalan?"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)