Ini Sepeda Onthel Kayu Raksasa Buatan Warga Klaten, Gede Banget!

Achmad Syauqi - detikOto
Sabtu, 29 Mei 2021 13:58 WIB
Sepeda onthel raksasa di Klaten
Sepeda Onthel raksasa di Klaten Foto: Achmad Syauqi/detik.com
Klaten -

Sarijo (49) warga Dusun Seworagan, Desa Tambakan, Kecamatan Jogonalan Klaten, membuat sepeda Onthel kayu ukuran besar seukuran raksasa. Bayangkan saja, Panjang sepeda kayu itu mencapai tiga meter dengan tinggi 150 centimeter.

"Ukurannya panjang tiga meter dan tinggi 150 centimeter. Untuk kesulitan pembuatan relatif tidak ada," ungkap Sarijo pada detikcom, Sabtu (29/5/2021) siang.

Sarijo mengatakan sepeda kayu tersebut dibuatnya sekitar sebulan yang lalu. Awal mulanya karena dirinya jengkel sepeda kayu pertamanya yang dibuat tahun 2020 ditiru orang lain.

"Pikiran saya kusut sebab sepeda saya yang pertama ditiru orang. Jadi saya buat beda, kali ini tinggi rodanya depan dan belakang sama, kalau sepeda sebelumnya roda belakang kecil," jelas Sarijo.

Sepeda onthel raksasa di KlatenSepeda onthel raksasa di Klaten Foto: Achmad Syauqi/detik.com

Setelah itu, ungkap Sarijo, bahan mulai dikumpulkan. Kayu rangka utamanya kayu pohon nangka yang kuat.

"Bahan rodanya bekas dari palet jati Belanda. Untuk rangka kayu nangka dan juga menggunakan bekas serkel," lanjut Sarijo.

Waktu pengerjaan, kata Sarijo, tidak butuh waktu lama sebab sudah pengalaman membuat sepeda kayu sebelumnya. Hanya butuh waktu 10 hari sepeda raksasa kayu itu selesai.

"Hanya dalam 10 hari sudah jadi karena sudah pernah membuat sepeda kayu ukuran kecil. Itu sudah termasuk finishing," papar Sarijo.

Sepeda ontel kayu raksasa itu, imbuh Sarijo, sudah sering digunakan untuk bersepeda sampai ke kota Klaten atau ke Candi Prambanan. Tapi orang lain belum ada yang berani.

"Orang lain belum ada yang berani mencoba, paling cuma melihat. Karena panjang dan tinggi," ujar sambung Sarijo.

Ide awal hobinya membuat sepeda onthel kayu, tambah Sarijo bermula tahun 2020 lalu sering melihat kayu bekas untuk mebel. Daripada tidak dimanfaatkan dicoba dibuat sepeda onthel.

"Daripada kayu tidak digunakan saya buat untuk roda. Kayu rangkanya baru dicarikan dan jadilah sepeda," lanjut Sarijo.



Simak Video "Pesepeda Tolak Wacana Pembongkaran Jalur Sepeda"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)