Berita Populer

Jet Pribadi yang Ditumpangi Raffi Ahmad, Perusahaan Bus Nyaris Seabad Bangkrut

Tim detikcom - detikOto
Kamis, 20 Mei 2021 12:52 WIB
Private jet Cessna Citation Latitude
Jet pribadi Cessna Citation Latitude Foto: Cessna

2. Jeep jegal penjualan mobil India

Berita terpopuler kemarin ialah Jeep yang tengah ngamuk dan berusaha menjegal penjualan mobil India, Mahindra. Masalahnya, desain mobil 4x4 Mahindra Thar yang mirip dengan Jeep Wrangler.

Dicuplik CarAdvice, Selasa (18/5/2021) Jeep tak ingin Mahindra Thar dijual di pasar Australia. Mobil berdesain kekar ala Jeep Wrangler itu sudah dilepas di pasar India sejak tahun 2020.

Pabrikan Jeep menduga Mahindra Thar bakal dijual juga di pasar Australia. Saat ini Jeep sudah mengajukan tuntutan ke Federal Court of Australia.

Jeep tetap meminta agar Mahindra segera menghentikan semua kegiatan yang berkaitan dengan impor, distribusi, dan penjualan produk Thar di Australia .Kedua pihak akan bertemu lagi dalam sidang lanjutan yang dijadwalkan pada 21 Mei.

"FCA (perusahaan induk Jeep) sangat yakin bahwa Mahindra sengaja melanggar hak kekayaan intelektual merek Jeep kami, khususnya Jeep Wrangler," lanjut pernyataan Jeep.

"FCA akan mengejar semua jalan yang tersedia untuk menghentikan Mahindra agar tidak terus membuat representasi yang menyesatkan dan menipu terkait dengan merek Jeep kami, memberikan Thar mereka sebagai Jeep Wrangler, dan melanggar hak desain kami," sambung pernyataan tersebut.

Well, ini bukan kali pertama Jeep dan Mahindra berseteru. Pada 2019, Jeep pernah menggugat Mahindra karena menjual Mahindra Roxor di pasar Amerika Serikat antaran desainnya mirip dengan Willys CJ. Pengadilan memutuskan Mahindra bersalah atas pelanggaran merek dagang. Tetapi perusahaan India itu kembali ke tim desain, mengubah beberapa elemen, menyebutnya UTV, dan memenangkan hak untuk menjualnya produknya.