ADVERTISEMENT

Perusahaan Bus Ini Tutup Setelah Nyaris Seabad Beroperasi, Gegara Dihantam Pandemi

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Rabu, 19 Mei 2021 10:33 WIB
Bus Greyhound
Greyhound menutup oeprasinya di Kanada. Padahal perusahaan transportasi itu usianya nyaris seabad (Instagram @greyhoundlines)
Jakarta -

Pandemi COVID-19 selama setahun lebih memberi dampak besar pada bisnis transportasi masal di seluruh dunia. Salah satunya dialami oleh perusahaan transportasi Greyhound yang terpaksa menutup layanan di Kanada.

Pengumuman itu disampaikan Greyhound Kanada pada situw resmi mereka. Dalam pernyataannya, Greyhound telah menutup layanan transportasi di Ontario dan Quebec karena jumlah penumpang yang terus menurun.

"Karena penurunan jumlah penumpang yang terus terjadi di Ontario dan Quebec, Greyhound Kanada telah membuat keputusan yang sulit untuk menghentikan semua operasi rute tersebut, dan secara permanen akan menutup semua layanan di Kanada mulai 13 Mei 2021," tulis pernyataan Greyhound.

Sebelumnya, pada 2018 Greyhound, juga menutup rute perjalanan di bagian barat Kanada karena jumlah penumpang makin sedikit dan persaingan yang terus meningkat. Ini merupakan pukulan besar bagi warga pedesaan di Kanada yang mengandalkan bus untuk bepergian ke kota besar.

Wakil Presiden Greyhound, Stuart Kendrick mengungkapkan jika profit yang terus hilang selama setahun belakang dan adanya efek dari pandemi COVID-19 menyebabkan Greyhound menutup operasionalnya di Kanada.

"Satu tahun penuh perusahaan tidak mendapatkan pendapatan, sayangnya ini membuat sulit dan tidak mungkin untuk terus melanjutkan operasional," kata Stweart dikutip dari Autoblog.

Meski begitu, Greyhound tetap membuka layanan perjalanan dari Amerika Serikat menuju Kanada dengan sejumlah kota yang dituju seperti Toronto-New York, Montreal-New York, Montreal-Boston dan Vancouver-Seattle. Pihak Greyhound juga membuka loket pengembalian tiket bagi para calon penumpang yang sudah membeli untuk perjalanan di atas tanggal 13 Mei.

Walaupun Greyhound Kanada resmi ditutup, namun itu tak berpengaruh dengan Greyhound di Amerika Serikat yang tetap beroperasi normal. Namun sangat disayangkan perusahaan yang telah beroperasi di Kanada sejak 1929 ini harus tutup karena kesulitan ekonomi.



Simak Video "Fresh dan Mewah! Wujud Bus Laksana Legacy SR3"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT