Berapa Biaya Terbang Jet Pribadi Seperti yang Ditumpangi Raffi Ahmad?

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 19 Mei 2021 17:20 WIB
Private jet Cessna Citation Latitude
Private jet Cessna Citation Latitude Foto: Cessna
Jakarta -

Cessna Citation Latitude merupakan private jet yang ditumpangi Raffi Ahmad beserta anak dan istri ke Malang, Jawa Tengah. Jet pribadi tersebut diketahui milik Gilang Widya Pramana atau akrab dikenal Crazy Rich Malang. Nah, kira-kira berapa biaya operasionalnya?

Seperti diketahui, Crazy Rich Malang sempat mengunggah foto membeli pesawat Cessna Citation Latitude. Pesawat canggih buatan Amerika Serikat itu ditaksir berharga USD 18,9 juta atau Rp 265 miliaran.

Raffi Ahmad awalnya ingin sampai ke Malang dengan kendaraannya sendiri, tapi Gilang Widya Pramana meminjamkan pesawatnya.

"Makasih ya buat Mas Gilang, dipinjemin pesawatnya," kata Raffi Ahmad di sebuah video yang tayang di RANS Entertainment. Saat itu, ia sudah berada di dalam pesawat, duduk di samping Nagita Slavina.

Ini merupakan salah satu private jet terbaru dan tercanggih yang ada di pasaran saat ini.Tapi tak hanya harga jualnya yang relatif mahal, ongkos operasional Cessna Citation Latitude ternyata juga relatif tinggi. Bahkan untuk penerbangan 1 jam, dibutuhkan biaya sedikitnya Rp 37 juta.

Seperti dikutip dari situs resmi Cessna, Citation Latitude memakan biaya direct operating cost USD 4,95 (Rp 70 ribu) per nautical mile (2 km). Sementara itu untuk biaya kru, dalam hal ini pilot, ongkosnya USD 128 (Rp 1,8 juta) per jam.

Cessna pun memberi perkiraan mengenai ongkos total operasional yang harus dikeluarkan seseorang ketika menggunakan pesawat pribadi ini. Misal untuk penerbangan dari Los Angeles ke New York City, dengan waktu 5 jam, biayanya USD 9.210 (Rp 130 juta).

Kemudian untuk penerbangan dari Hongkong ke Beijing dengan estimasi 2 jam 41 menit, biayanya USD 6.505 (Rp 77,2 juta). Lalu untuk penerbangan dari London ke Berlin dengan waktu 1 jam 15 menit, biayanya USD 2.652 (Rp 37,2 juta).

Itu baru ongkos operasional untuk terbang. Tentunya masih ada biaya lain yang perlu dikeluarkan oleh pemilik pesawat jet pribadi dengan panjang 19 meter ini, seperti pajak, biaya perawatan, dan juga sewa lokasi parkir.

Well, pemilik atau pengguna pesawat ini akan memiliki keistimewaan tersendiri, karena bisa terbang kapanpun tanpa harus terpaku pada jadwal penerbangan seperti di pesawat komersial. Selain itu, pesawat ini juga bisa menjangkau lebih banyak bandara, karena bisa digunakan pada landasan pacu 1.091 meter.



Simak Video "Pemalakan-Cegat Mobil di Jalan Kerap Terjadi, Lakukan Ini untuk Antisipasi"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)