Berita Populer

Jet Pribadi yang Ditumpangi Raffi Ahmad, Perusahaan Bus Nyaris Seabad Bangkrut

Tim detikcom - detikOto
Kamis, 20 Mei 2021 12:52 WIB
Private jet Cessna Citation Latitude
Jet pribadi Cessna Citation Latitude Foto: Cessna
Jakarta -

detikOto merangkum berita paling populer kemarin. Raffi Ahmad bersama Nagita Slavina, dan Rafathar terbang ke Malang, Jawa Tengah menggunakan private jet, disusul Jeep berusaha menjegal penjualan mobil India, dan perusahaan bus yang bangkrut usai berjalan hampir satu abad.

Berikut ini artikel yang menarik perhatian pecinta otomotif kemarin, Rabu (20/5/2021). Simak ulasannya.

1. Jet Pribadi yang Ditumpangi Raffi Ahmad

Raffi Ahmad bersama Nagita Slavina dan Rafathar terbang ke Malang, Jawa Timur, menggunakan pesawat pribadi milik Gilang Widya Pramana atau akrab dikenal Crazy Rich Malang. Berikut ini ketangguhan private jet seharga lebih dari Rp 200 miliar itu?

Raffi Ahmad awalnya ingin sampai ke Malang dengan kendaraannya sendiri, tapi Gilang Widya Pramana meminjamkan pesawatnya.

"Makasih ya buat Mas Gilang, dipinjemin pesawatnya," kata Raffi Ahmad di sebuah video yang tayang di RANS Entertainment. Saat itu, ia sudah berada di dalam pesawat, duduk di samping Nagita Slavina.

Crazy Rich Malang sempat mengunggah foto membeli pesawat Cessna Citation Latitude. Pesawat canggih buatan Amerika Serikat itu ditaksir berharga USD 18,9 juta atau Rp 265 miliaran.

Bicara dimensi, jet privat itu memiliki panjang 6,63 meter, lebar 1,96 meter, dan tinggi 1,83 meter. Masuk ke dalam interior, Cessna Citation Latitude bisa dikustomisasi lewat pemilihan trim warna kulit, di antaranya bisque, french roast, glacier, jet black, silver mirage, dan toffee.

Pesawat ini ditenagai mesin Pratt & Whitney Canada PW300 dengan daya jelajah lebih dari 5.000 km, dengan top speed 814 km/jam dan cruise speed 826 km/jam. Di atas kertas mampu terbang hingga ketinggian 45.000 kaki atau 13,7 km. Kabin Cessna Citation Latitude juga dikatakan lebih senyap, sehingga membuat penumpangnya merasa lebih nyaman.

Untuk menunjang kenyamanan, Cessna Citation Latitude dilengkapi 6 kursi captain seat dan khusus kursi penumpang bagian depan bisa diputar 360 derajat. Pesawat ini juga sudah dilengkapi toilet di bagian belakang.

Ini merupakan salah satu private jet terbaru dan tercanggih yang ada di pasaran saat ini.Tapi tak hanya harga jualnya yang relatif mahal, ongkos operasional Cessna Citation Latitude ternyata juga relatif tinggi. Bahkan untuk penerbangan 1 jam, dibutuhkan biaya sedikitnya Rp 37 juta.