Duh! Dicurigai Ada Ambulans 'Kamuflase', Isinya Bukan Pasien tapi Pemudik

Jauh Hari Wawan S - detikOto
Rabu, 05 Mei 2021 21:10 WIB
Para tenaga kesehatan dengan baju hazmat dan peralatan lengkap membawa pasien menggunakan mobil ambulans ke Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 (RSDP) Wisma Atlet, Jakarta, Sabtu (9/1/2021).
Ilustrasi ambulans (Ari Saputra/detikOto)
Sleman -

Ditlantas Polda DIY mewaspadai pergerakan ambulans pada masa larangan mudik Lebaran 2021. Sebab, tidak menutup kemungkinan ambulans bisa digunakan sebagai kendaraan travel gelap yang mengangkut orang mudik.

"Travel gelap tidak menutup kemungkinanan (memakai) ambulans yang mungkin nanti digunakan 'kamuflase' untuk membawa orang," kata Dirlantas Polda DIY Kombes Iwan Saktiadi di Mapolda DIY, Rabu (5/5/2021).

Iwan menjelaskan, tren saat ini ambulans memiliki mobilitas yang tinggi. Terutama untuk mengangkut pasien COVID-19. Hal tersebut bisa menjadi celah yang digunakan oleh oknum untuk mengangkut para pemudik.

"Siapa tahu, atau tidak menutup kemungkinan ada oknum yang memanfaatkan situasi ini dengan menggunakan ambulans untuk sarana transportasi yang tidak semestinya," bebernya.

Akan tetapi, pihaknya tidak serta merta menghentikan ambulans. Polisi, kata Iwan, memiliki kriteria tertentu yang menjadi bahan pertimbangan petugas untuk menghentikan ambulans.

Dirlantas Polda DIY, Kombes Iwan SaktiadiDirlantas Polda DIY, Kombes Iwan Saktiadi Foto: Jauh Hari Wawan S/detikOto

"Kami sebagai Polisi punya kriteria tertentu, sebagai contoh yang mencurigakan (beroperasi) dini hari, pelat luar kota, misalnya. Kriteria seperti itu yang jadi pertimbangan petugas,"

"Semuanya, tentunya dengan bukti permulaan yang cukup tidak secara sertamerta kita semuanya karena kondisi emergency," tambahnya.

Iwan menegaskan, jika ditemukan ada ambulans yang terbukti disalahgunakan untuk mudik, pihaknya akan melakukan tindakan tegas.

"Manakala terbukti digunakan untuk hal yang dilarang pemerintah yang tidak sesuai ketentuan, kami lakukan tindakan," tegasnya.



Simak Video "Tak Terima Diputar Balik, Sopir Travel Ngaku Penyambung Lidah Bung Karno"
[Gambas:Video 20detik]
(din/lth)