Polri Resmi Luncurkan Sinar, Bikin dan Perpanjang SIM Online Pakai HP

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 13 Apr 2021 16:51 WIB
Aplikasi SIM Online
Aplikasi SIM online. Foto: Screenshot
Jakarta -

Korlantas Polri resmi meluncurkan pelayanan SIM online melalui apa yang mereka sebut dengan SINAR. Mengurus perpanjangan SIM bisa dilakukan secara online melalui aplikasi yang terpasang di ponsel.

Aplikasi yang perlu diunduh pemohon SIM bernama 'Digital Korlantas Polri'. Di dalam aplikasi tersebut adalah pelayanan SIM Nasional Presisi atau SINAR.

"Korlantas Polri telah membuat satu terobosan berupa pembangunan aplikasi SIM Nasional Presisi atau SINAR yang dapat diakses secara online. Ini sebagai proses mengadopsi revolusi industry 4.0 menuju masyarakat 5.0 di tengah masa pandemi COVID-19," kata Kepala Korlantas Polri Irjen Pol. Istiono saat peluncuran SIM Online, Selasa (13/4/2021).

"Adapun tujuan pembangunan aplikasi ini adalah mempermudah pelayanan masyarakat dalam pembuatan SIM di mana saja dan kapan saja. Selain itu, dengan aplikasi ini masyarakat dapat terlayani melalui jasa pengiriman dokumen SIM yang sudah terbit untuk diantar sampai ke alamat pemohon," sambungnya.

Aplikasi SINAR atau SIM Nasional Presisi bisa diakses melalui platform Digital Korlantas Polri yang dapat diunduh di Apps Store dan Play Store. Platform itu merupakan portal aplikasi seluruh layanan Korlantas Polri, termasuk di dalamnya pelayanan perpanjangan atau pembuatan SIM A dan SIM C.

Aplikasi SIM OnlineAplikasi SIM Online Foto: Screenshot

Setelah diunduh, pengguna diminta melakukan verifikasi identitas dengan memasukkan nomor handphone dan alamat email untuk mendapatkan one time password. Setelahnya, pengguna diminta memasukkan NIK beserta nama lengkap sesuai KTP yang akan diotentifikasikan melalui teknologi pembacaan biometric wajah atau liveness face recognition.

Setelah registrasi awal dilakukan dan dinyatakan valid, maka beragam layanan pun siap digunakan. Misalnya untuk perpanjangan SIM A dan SIM C secara online, ujian teori pembuatan SIM baru, registrasi pemeriksaan kesehatan dan tes psikologi.

"Cukup dari rumah, maka perpanjangan pelayanan SIM ini betul bisa dilaksanakan," kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam kesempatan yang sama.

Setelah SIM dicetak, pemohon diberikan tiga pilihan untuk menerima kartu fisik SIM tersebut. "Pertama bisa diambil sendiri pada Satpas penerbit, yang kedua dengan diwakilkan menggunakan surat kuasa, dan ketiga menggunakan jasa pengiriman PT Pos Indonesia," kata Kasi Standar SIM Ditregident Korlantas Polri AKBP Arief Budiman.

Baca Artikel Lainnya soal SIM Online dan Aplikaisi SINAR

1. Jangan Salah Download, Aplikasi SIM Online Namanya Digital Korlantas Polri

2. Nggak Bisa 'Nembak', Ujian Praktik SIM Diawasi Sistem Canggih Ini

3. Ada Animasi 3D, Ini Langkah Ujian Teori SIM Online

4. Perpanjang SIM Bisa Lewat HP, Bagaimana Tes Kesehatannya?

5. Bye-bye Map dan Fotocopy! Perpanjang SIM Pakai Aplikasi Sinar Lebih Praktis



Simak Video "Ujian SIM Gagal Terus? Jangan Galau, Sekarang Ada 'Bimbel'-nya"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)