Ada Animasi 3D, Ini Langkah Ujian Teori SIM Online

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 14 Apr 2021 08:24 WIB
Jakarta -

SINAR atau SIM Nasional Presisi, pelayanan SIM secara online resmi diluncurkan, Selasa (13/4/2021). Dalam pelayanan SIM online ini, nantinya ujian teori bisa dilakukan secara online di HP.

Layanan SIM online ini bisa digunakan di aplikasi Digital Korlantas Polri. Aplikasi Digital Korlantas Polri merupakan portal aplikasi seluruh layanan Korlantas Polri, termasuk di dalamnya pelayanan perpanjangan atau pembuatan SIM A dan SIM C. Aplikasi Digital Korlantas Polri bisa diunduh di Apps Store maupun Play Store.

Dalam video penjelasan tentang SIM online yang ditayangkan saat peluncuran dijelaskan, untuk melakukan ujian teori SIM online, di aplikasi Digital Korlantas Polri klik icon SINAR atau SIM. Selanjutnya, pilih menu E-AVIS pada layanan SIM Nasional Presisi.

Lalu, pilih menu registrasi dengan memasukkan NIK (nomor induk kependudukan) dan nomor pendaftaran SIM. Setelah itu pemohon melaksanakan ujian teori SIM dengan menjawab soal-soal yang disimulasikan dengan metode audio visual test (AVIS).

Uniknya, metode audio visual test ini menggunakan animasi 3 dimensi yang dibuat seperti keadaan sebenarnya. Pemohon SIM dapat merasakan pengalaman seolah-olah berada di atas kendaraan bermotor sehingga diharapkan dapat menjawab soal dengan baik dan benar.

Ujian teori SIM secara audio visual ini disesuaikan dengan standar teknik mengemudi internasional yang telah diterapkan di beberapa negara maju.

Apabila pemohon memenuhi syarat kompetensi penguasaan teori mengemudi, hasil ujian akan terkirim secara otomatis pada sistem database SIM guna melengkapi persyaratan pemohon SIM baru.

Namun, ujian teori SIM secara online di aplikasi Digital Korlantas Polri ini tampaknya belum siap. Saat kami mengunduh aplikasi Digital Korlantas Polri dan mencoba klik E-AVIS, aplikasi tersebut tidak memberikan respons. Informasi dari detail aplikasi yang ditulis di Play Store menyebut bahwa Pembuatan SIM Baru akan segera tersedia. Sementara ini, SIM online bisa digunakan untuk memperpanjang SIM A dan SIM C.

Layanan pembuatan dan perpanjangan SIM A dan SIM C online ini didukung dengan pembayaran secara cashless sehingga lebih transparan dan mengurangi potensi calo dan pungli. Serta didukung layanan pengambilan SIM yang dapat dikirim ke rumah melalui jasa PT Pos Indonesia.

(rgr/din)