Gaet Seniman Asal Semarang, Livery Bus Laksana Edisi Merdeka Keren Abis!

M Luthfi Andika - detikOto
Senin, 12 Apr 2021 21:30 WIB
Bus Livery Laksana
Livery Bus Laksana Foto: dok. Laksana/Mercedes-Benz
Jakarta -

Kontes desain livery dan interior yang digelar Mercedes-Benz disambut baik karoseri Laksana Bus. Kerennya desain bus ini didesain langsung oleh seniman lokal asal Semarang Harry Suryo, hasilnya boleh diadu cerminan Indonesia terpampang pada desain livery yang milik Laksana Bus.

Communication Manager CV Laksana Bus, Candra Dewi menjelaskan kepada detikOto, kontes ini menjadi ajang bagi Laksana untuk membuktikan bahwa seniman Indonesia juga memiliki kualitas terbaik untuk bisa menjadi desain livery terbaik.

"Mercedes-Benz itu bikin kontes desain dan livery interior dan ekterior dan ini diikuti 6 karoseri, salah satunya Laksana. Ini konsepnya, pemenang yang voting like terbanyak akan menang. Bagi pemenang kontes ini akan mendapatkan sasis OF917 dan akan dibuat, Jika Laksana menang maka akan membuat seperti ini dan akan diperkenalkan pada hari perayaan hari jadi Indonesia," ucap Candra.

"Kalau kita memenangkan kontes ini, pasti akan menjadi solusi perjalanan yang unik bagi PO atau konsumen. Karena akan ada alternatif dari satu bus kita memberikan sesuatu yang berbeda pada era New Normal ini. Livery kita menggunakan seniman asal Semarang, Harry Suryo karena kami ingin mengangkat seni di Indonesia," Candra menambahkan.

Bus Livery LaksanaBus Livery Laksana Foto: dok. Laksana/Mercedes-Benz

Jika dilihat dari konsep Livery yang diajukan oleh Laksana Bus, Laksana memiliki konsep 'Indonesia Jaya Edition' Commemorating 76th Indonesia's Independence & Semarang City Heritage Tourism'.

Dikatakan desain ini merupakan Suites Combi konsep berkendara bus yang baru dan pertama di Indonesia bahkan di dunia. Merupakan akselerasi perpaduan orisinalitas desain karya anak bangsa Indonesia dengan mengoptimalkan konfigurasi perpaduan Suites Cabin dan Physical Distancing Seat.

Pengaplisian sistem Bio Smart diterapkan pada aliran udara bus, merupakan kolaborasi pada ahli dari berbagai latar belakang, sebagai pelopor pertama di Indonesia bahkan di dunia. Penerapan aplikasi standard keamanan disesuaikan dengan standard keselamatan bus di dunia yaitu ECE-R66 dan ECE-R80.

"Peluncuran bus ini mengusung tema heritage kota Semarang dengan edisi khusus hari kemerdekaan Indonesia yang ke-76 menjadi solusi perjalanan terunik, termewah dan teraman di era New Normal," tulis Laksana pada akun media sosial Mercedes-Benz dan Laksana.

Bus Livery LaksanaBus Livery Laksana Foto: dok. Laksana/Mercedes-Benz

Belum selesai, tampilan interior juga tidak lepas dari konsep bus Laksana. Selain kemewahan sudah pasti tingkat keamanan dan sistem Physical Distancing juga ikut diterapkan.

Belum selesai, interior yang bisa menjaga penumpang dan memberikan kenyamanan bus seperti Touchless Temperature Measurement & Hand Sanitezer, start Lounge, 1-1-1 Seat Configuration, Driver Pratition, 12 Elegant Seats with Physical Distancing Concept dan ini menjadikan bus Laksana ini menjadi The First Suites Class in Tourista OF-917.

Selanjutnya, sistem keamanan BioSmart AC Inlet, Buspad, storage, Cup Holder, Individual Lamp, USB Charger, 150 derajat Seat Reclining, 8 Luxurious Suites Cabin to Provide Unmatched Privacy, Antivirus Nano Silver Coated Interior dan Herbal Masker. Bagaimana detikers, keren kan?



Simak Video "Bersama Brigjen Prasetijo, Djoko Tjandra Didakwa Palsukan Surat Jalan"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)