Masuk Tol Tanpa Setop Pakai Stiker RFID, Berapa Sih Harganya?

M Luthfi Andika - detikOto
Rabu, 24 Mar 2021 11:38 WIB
Jakarta -

PT Jasa Marga mulai mensosialisasikan sistem pembayaran terbaru dengan menerapkan stiker Radio Frequency Identification (RFID), artinya para pengendara mobil yang melintas di jalan bebas hambatan tidak perlu lagi berhenti untuk menggunakan kartu e-toll atau memakai jasa petugas tol. Stiker ini belum dijual umum, tapi berapa kira-kira harganya nanti?

Teknologi stiker Radio Frequency Identification (RFID) ini memungkinkan mobil untuk terus melintas saat melewati gerbang tol. Sebagaimana telah diujicoba oleh tim detikOto bersama komunitas Velozity Chapter Jakarta, mobil bisa melaju sampai 30 km/jam saat melintasi gerbang tol dan pintu tol terbuka secara otomatis.

Radio Frequency Identification (RFID) menggunakan stiker yang terpasang di lampu utama sisi kanan. Meski tertutup kardus, kotoran tanah, atau debu, stiker ini masih bisa terbaca dan bisa melintas di jalan bebas hambatan tanpa harus berhenti tanpa harus menempelkan kartu saat melintas gerbang tol.

Hanya saja, stiker ini belum dijual untuk umum. Tidak dijelaskan juga berapa harga stiker RFID. Seperti yang disampaikan Ketua Velozity Chapter Jakarta, Fannyansyah.

"Harganya berapa pantasnya? Dengan banyak plus dan minusnya, jika dibandingkan dengan membeli alat Obu Mandiri, rasanya harga Rp 100 ribu saja itu sudah oke. Syukur-syukur bisa di bawah itu maksimal ya segitu, di atas itu orang pasti banyak yang tidak mau," kata Fanny.

Dalam pemberitaan detikOto sebelumnya komunitas Avanza Veloz Velotizy (Veloz Community) menguji coba Radio Frequency Identification (RFID). Dengan teknologi itu, komunitas pengguna Veloz itu menjajal bayar tol tanpa berhenti.

Dalam siaran resmi yang diterima detikOto, berlokasi di kantor pusat PT Jasa Marga (Persero) Tbk. di Plaza Tol Taman Mini Indonesia Indah, sejumlah rombongan secara parsial komunitas Velozity datang untuk pemasangan stiker RFID FLO di kendaraan guna untuk kemudahan dalam bertransaksi di pintu tol.

Salah satu lokasi uji coba RFID di Gerbang Tol Semanggi 1.Salah satu lokasi uji coba RFID di Gerbang Tol Semanggi 1. Foto: Achmad Dwi Afriyadi

FLO merupakan sistem pembayaran tol prabayar berbasis Mobile Application dan Sticker yang menggunakan teknologi Radio Frequency Identification (RFID), serta menggunakan source of fund berbasis Voucher Elektronik (VE). Mobilitas yang tinggi menuntut pengguna kendaraan roda empat untuk mempercepat dan mempermudah dalam berkendara melewati gardu tol untuk aktivitas kantor dan harian. Teknologi ini sedikit banyak membantu kelancaran berlalu lintas karena bisa membayar tol tanpa berhenti.

"Pernah beberapa kali saya mengalami kesulitan saat tapping kartu e-toll di GTO atau sibuk cari struk tol, ternyata dengan FLO ini menjadi solusi untuk kendala yang saya atau mungkin banyak orang alami selama ini", kata Ketua chapter Velozity De Bogor'S, Vina Sasta.

Pengujian RFID untuk bayar tol tanpa setop ini dilakukan oleh Velozity Chapter De Bogor'S sebanyak 70 kendaraan, diikuti oleh 70 member dari Chapter De Bogor'S, JVC, VELBEC dan DVECTA. Dengan tidak mengabaikan Protokol Kesehatan, rombongan dibagi menjadi beberapa rangkaian kendaraan untuk teknis pemasangannya. Hal ini guna agar tidak menimbulkan kerumunan yang ada di kantor pusat PT Jasa Marga (Persero).

(lth/din)