Ridwan Kamil Coba Mobil Listrik Renault Twizy, Mau Jadi Mobil Dinas Juga, Kang?

M Luthfi Andika - detikOto
Jumat, 19 Mar 2021 09:55 WIB
Ridwan Kamil Jajal Renault Twizy
Ridwan Kamil uji Renault Twizy (Prestige Motorcars)
Jakarta -

Ridwan Kamil akhir pekan lalu berkesempatan untuk menguji Renault Twizy di Bandung Jawa Barat. Wah, mau menjadikan mobil listrik dua penumpang itu jadi kendaraan dinas, Kang?

Hingga siang ini detikOto terus mengkonfirmasi kebenaran tersebut ke Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, sayangnya belum ada tanggapan mengenai hal tersebut.

Meski demikian CEO Prestige Motorcars, Rudy Salim, yang kini menguasai sebagian saham Maxindo Renault Indonesia, yang notabene sebagai agen pemegang merek Renault di Indonesia menjelaskan Ridwan Kamil hanya sekedar mencoba Renault Twizy.

"Saya berterima kasih sekali kepada pak Ridwan Kamil, karena telah mencoba Renault Twizy," ujar Rudy Salim.

Soal kendaraan dinas berbasis listrik. Pemprov Jawa Barat sebenarnya sudah menerapkannya sejak beberapa waktu lalu. Mobil listrik yang digunakan sebagai kendaraan dinas adalah Hyundai Ioniq.

Harga dan Spesifikasi Renault Twizy

Rudy menjelaskan Prestige Motorcars akan ikut menjual mobil listrik mungil Renault Twizy di Indonesia. "Kami juga menjual Renault Twizy namun model ini hanya akan kami pasarkan secara limited edition," kata Rudy.

Sebagai catatan, Renault Twizy resmi dijual di Tanah Air. Mobil listrik berkapasitas dua penumpang ini dijual terbatas hanya tersedia 30 unit untuk seluruh Indonesia.
PT Maxindo Renault Indonesia membuka pemesanan Renault Twizy dapat melalui Tokopedia dengan booking fee di awal sebesar Rp 25 juta.

Ridwan Kamil Jajal Renault TwizyRidwan Kamil Jajal Renault Twizy Foto: dok. Prestige Motorcars

Selain itu Twizy diketahui sempat dipamerkan Renault pada perhelatan Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2019, namun hanya sebagai pajangan.

Bentuk Renault Twizy terbilang unik, dengan desain roda terbuka. Posisi duduknya tidak menyamping seperti mobil pada umumnya, tapi berbaris seperti ketika naik sepeda motor.

Keunikan lain dari Renault Twizy ini adalah bukaan pintunya yang ala supercar dengan format menggunting, alias format scissors gull-wing dengan pembukaan full ke atas 90 derajat.

Untuk ban yang digunakan tergolong mungil, hanya berukuran 13 inci untuk velg plus ban berukuran 125/80 R13 (depan) dan 148/80 R 13 (belakang). Sedangkan dimensi Twizy berkapasitas dua penumpang ini memiliki panjang 2,32 meter, lebar 1,19 meter dan tinggi 1,46 meter.

Soal performa, Renault Twizy menggunakan teknologi Electric Direct Drive Technology dengan mesin 3CG -electric asynchronous. Mesin elektrik tersebut mampu menghasilkan kekuatan 13 kW atau setara 17 dk. Di atas kertas mobil ini mampu mencapai 0-45 km per jam dalam waktu 6.1 detik.

Renault TwizyRenault Twizy Foto: Maxindo Renault Indonesia

Sementara waktu pengisian Renault Twizy, dari daya habis hingga penuh hanya membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam untuk jarak tempuh 80 km. Menariknya, pengisian daya baterai Twizy bisa dikoneksikan dengan soket rumahan 220 volt tanpa harus menggunakan adaptor tambahan. Kabel charger-nya sendiri cukup universal dengan stop kontak yang ada di Indonesia.

Renault Twizy dibanderol dengan harga Rp. 408,000,000,- Diskon khusus via Tokopedia Rp. 18,000,000,- jadi Rp 390,000,000,- per unit. Untuk pemesanan dapat melakukan booking fee & DP terlebih dahulu via Tokopedia sebesar Rp. 25,000,000,-. Renault Twizy hadir dalam 3 warna yaitu : Putih, Hitam, dan Orange.



Simak Video "Kian Mesra, PAN Tegaskan Belum Ada Deal Politik dengan Ridwan Kamil"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)