Beli Mobil Baru Tunggu Maret Supaya Kebagian PPnBM 0%, Harga Bisa Turun Puluhan Juta

Tim Detikcom - detikOto
Kamis, 11 Feb 2021 20:24 WIB
Harga mobil LCGC atau mobil murah bakal naik karena kena pajak 3%. Meski tak signifikan harga mobil LCGC akan semakin nyerempet dengan Low MPV.
PPnBM mobil baru jadi 0% mulai 1 Maret. Harga mobil bakal turun puluhan juta (Dok)
Jakarta -

Yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. Pemerintah mengabulkan pemberian relaksasi pajak pembelian mobil baru. Mulai maret 2021, beli mobil anyar bebas pajak PPnBM mobil.

Wacana relaksasi pajak otomotif sudah bergulir sejak tahun lalu. Pada awalnya diusulkan pajak mobil baru dikorting sampai 0%. Wacana itu dimunculkan demi mendongkrak penjualan mobil yang jatuh sangat dalam akibat pandemi COVID-19.

Keringanan pajak untuk mobil baru tersebut akhirnya disetujui Presiden Jokowi pada medio Februari ini. Pajak yang dihilangkan adalah Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM). Dimulai dari Maret, relaksasi PPnBM diterapkan secara bertahap.

Dijelaskan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, PPnBM nol persen diberikan pada Maret-Mei, lalu PPnBM 50 persen pada Juni-Agustus, dan PPnBM 25 persen pada September-November 2021.

"Dengan skenario relaksasi PPnBM dilakukan secara bertahap, diperhitungkan dapat terjadi peningkatan produksi yang akan mencapai 81.752 unit," kata Airlangga Hartarto dikutip dari Antara.

Kebijakan PPnBM 0% untuk mobil baru ini berlaku untuk kendaraan di bawah 1500 cc dan memiliki kandungan lokal sampai 70%. Kebijakan ini merupakan stimulus yang diberikan pemerintah dalam rangka memulihkan sektor otomotif sangat terpukul akibat pandemi.

Berapa besarnya potongan harga mobil baru jika PPnBM 0% diberlakukan?

Saat ini, mobil-mobil bermesin 1.500 cc ke bawah sampai 2.500 cc dikenakan PPnBM sebesar 10-40%. Toyota Avanza dikategorikan sebagai minibus bermesin 1.500 cc ke bawah berpenggerak 4x2 dengan kapasitas penumpang kurang dari 10 orang. MPV laris ini masuk kategori yang dikenakan PPnBM sebesar 10%

Itu artinya harga Toyota New Avanza varian terendah yang saat ini dibanderol Rp 200.200.000, akan dapat potongan sebesar Rp 20.020.000 (dua puluh juta dua puluh ribu rupiah). Sangat lumayan karena harganya akan turun ke angka Rp 180.180.000.



Simak Video "KuTips: Cara Cermat Berburu Mobil Baru saat Diskon PPnBM"
[Gambas:Video 20detik]
(din/lua)