Bamsoet Dorong IMI Gelar Kegiatan Motor Sport Kelas Dunia Tiap Tahun

Angga Laraspati - detikOto
Kamis, 11 Feb 2021 07:53 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo
Foto: MPR
Jakarta -

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong Ikatan Motor Indonesia (IMI) untuk menyelenggarakan kegiatan motor sport kelas dunia setiap tahunnya. Sebab, kegiatan tersebut bisa lebih memberikan multiplier effect ekonomi bagi masyarakat.

Selain itu, kegiatan event motor sport kelas dunia juga sebagai wujud mendukung program pemerintah di sektor pariwisata, ekonomi, lingkungan hidup, dan sosial, khususnya dalam mengembangkan berbagai potensi daerah menjadi sport automotive tourism.

Seperti Sirkuit Internasional Sentul, di Kabupaten Bogor, Sirkuit Badak di Tanjung Lesung, Banten, hingga sirkuit Freed Geeb Waninggap Sai Gau Tak, di Kabupaten Merauke, Papua.

"Mengingat di skala internasional IMI berafiliasi kepada Fédération Internationale de l'Automobile (FIA) dan Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM), setiap tahun IMI harus mampu menyelenggarakan berbagai kegiatan motorsport berskala dunia," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Rabu (10/2/2021).

Hal tersebut disampaikan Bamsoet dalam Silaturahmi IMI Pusat dan IMI DKI Jakarta dengan perwakilan puluhan klub otomotif roda dua dan roda empat DKI Jakarta, di Jakarta.

Di tahun 2021, Bamsoet memaparkan Indonesia akan dua kali menjadi tuan rumah untuk penyelenggaraan MXGP 2021. Tanggal 4 Juli 2021 dilaksanakan di kawasan Candi Borobudur, Yogyakarta, sementara 11 Juli 2021 di Bali.

"Sedangkan pada tahun 2022, IMI Pusat bersama Pemerintah DKI Jakarta berencana menggelar Turnamen Formula E, kejuaraan balap mobil bertenaga listrik yang dilangsungkan di jalan raya," terang Bamsoet.

Ketua Umum IMI ini menambahkan, di pertengahan tahun 2021, Land Rover Club Indonesia (LRCI) juga akan menggelar Sumatera Tribute di Jambi. Diikuti sekitar 40 mobil Land Rover berbagai model dengan jumlah peserta hampir 200 orang dari anggota klub dalam negeri hingga luar negeri.

"Kerja keras dan gotong royong segenap keluarga besar IMI sangat dibutuhkan guna mensukseskan berbagai event internasional tersebut. Sehingga dunia internasional semakin mengakui bahwa Indonesia bisa menjadi salah satu kiblat olahraga otomotif dunia," tuturnya.

Bamsoet juga mengungkapkan sekitar 7.398 klub otomotif di 34 provinsi tergabung dalam keluarga besar IMI. Dalam tataran organisasi, IMI memiliki sekitar 5.210 sport clubs, 838 mobility clubs, dan 1.350 sport and mobility clubs.

Ia pun berharap keluarga besar IMI harus memberikan manfaat bagi pengembangan industri dan olahraga otomotif di Indonesia.

"Untuk itu, per tahunnya, setidaknya IMI akan menyelenggarakan 680 kegiatan klub, 510 kegiatan IMI provinsi, 189 kegiatan kejuaraan nasional, dan 32 kegiatan seri nasional. Hal ini bisa terwujud jika seluruh keluarga besar IMI saling bekerja sama," ujar Bamsoet.

Lebih lanjut Bamsoet juga menjelaskan, dari sektor industri otomotif, IMI memiliki misi mempercepat migrasi kendaraan konvensional berbahan bakar minyak ke kendaraan bermotor listrik. Karenanya dalam kepengurusan IMI Pusat 2021-2024, ada penambahan posisi baru yakni Direktur Pengembangan Electric Vehicle (kendaraan listrik) yang dipegang oleh Muhammad Setiawan.

"IMI juga menjadikan mobil listrik Hyundai, IONIQ sebagai official car. Pemilihan Hyundai selain sebagai apresiasi karena telah menghadirkan mobil listrik dengan harga terjangkau, sekitar Rp 600 juta, juga karena Hyundai berkomitmen menanamkan investasi sebesar USD 1,5 miliar di Indonesia," jelas Bamsoet.



Simak Video "Anies-Atta Halilintar Hadiri Pelantikan Bamsoet Sebagai Ketua IMI"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/din)