Bamsoet: Saya Akan Jadikan IMI Semakin Berdaya Guna, Solid & Mandiri

Inkana Putri - detikOto
Rabu, 10 Feb 2021 20:47 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo
Foto: MPR
Jakarta -

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman melantik Ketua Umum dan Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (IMI). Dalam pelantikan tersebut, Norman melantik Bambang Soesatyo sebagai Ketum IMI periode 2021-2024.

"Berlandaskan semangat gotong royong 'Standing and Growing Together', saya bersama pengurus IMI yang baru akan menjadikan IMI semakin berdaya guna, solid serta mandiri. Sehingga mampu mencetak atlet-atlet olahraga otomotif Indonesia yang mampu menorehkan prestasi di berbagai kejuaraan internasional," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Rabu (10/2/21).

Hal tersebut ia sampaikan usai pengukuhan Pengurus Pusat IMI periode 2021-2024 di Jakarta. Ketua MPR RI ini juga memaparkan kepengurusan IMI Pusat 2021-2024 kali ini juga melibatkan berbagai profesi dari mulai atlet dan tokoh balap, selebritis, pengusaha, hingga prajurit TNI-Polri.

Bamsoet mengatakan hal tersebut menunjukan semangat gotong royong keluarga besar IMI dalam memajukan industri dan olahraga otomotif Indonesia.

"Posisi Sekretaris Jenderal IMI Pusat 2021-2024 dipegang Ahmad Sahroni. Selain sebagai wakil rakyat yang kini mengemban amanah sebagai Wakil Ketua Komisi III DPR RI, beliau juga aktif dalam berbagai kegiatan otomotif. Antara lain Presiden Tesla Club Indonesia, Pendiri dan Presiden Brotherhood Club Indonesia, Presiden Mclaren Club Indonesia (MCI) dan Pembina Motor Besar Indonesia (MBI). Sedangkan posisi Bendahara Umum dipegang Direktur PT. Warna Warni Media, Effendy Gunawan, dibantu pengusaha muda pemilik showroom Prestige Image Motorcars, Rudy Salim, sebagai Wakil Bendahara Umum," paparnya.

Lebih lanjut Bamsoet menyampaikan IMI Pusat juga memercayakan Raffi Ahmad dan Atta Halilintar sebagai Ketua dan Wakil Ketua Bidang Komunikasi dan Media Sosial. Selain itu, deretan selebritis lainnya seperti Gading Marten, Andre Taulany, Denny Cagur, hingga Puteri Indonesia Lingkungan 2019 Jolene Marie juga memperkuat bidang tersebut.

Menurutnya, para selebritis tersebut akan memudahkan proses memasyarakatkan olahraga otomotif ke berbagai lapisan masyarakat.

Bambang SoesatyoBambang Soesatyo Foto: syailedra Hafiz/detik.com

"IMI memiliki enam Wakil Ketua Umum yang bertanggung jawab di berbagai pembidangan. Antara lain Sadikin Aksa (Olahraga Sepeda Motor), Ananda Mikola (Olahraga Mobil), Rifat Sungkar (Mobilitas), A Riyanto (Organisasi), Tengku Irvan Bahran (IT dan Digital), dan A Judiarto (Internasional dan Event)," jelasnya.

Semetara itu untuk posisi Ketua Badan Kehormatan, IMI mempercayakan Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto. Adapun nantinya Airlangga akan dibantu pengurus lainnya seperti Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menpora Zainudin Amali, Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin, Ketum KONI Letjen TNI (Purn) Marciano Norman, Kepala BNN Komjen Pol Petrus Reinhard Golose.

Di samping itu, beberapa menteri antara lain Menteri BUMN Erick Tohir, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Perdagangan M Lutfi, Menteri Perhubungan Budi Karya, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, serta Ketua BPK Agung Firman, dan Ketua BPKP M Yusuf Ateh juga akan membantu Airlangga dalam bertugas.

Bamsoet juga mengatakan dalam kepengurusan ini IMI mempercayakan Ketua Badan Penasehat kepada Kepala Badan Intelijen Negara Jenderal Pol (purn) Budi Gunawan. Adapun bidang ini akan diperkuat oleh anggota DPR RI Moreno Soeprapto, KASAD TNI Jenderal Andika Perkasa, Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dan tokoh lainnya.

"Posisi Ketua Badan Pembina dipercayakan kepada Komandan KODIKLAT TNI AD Letjen TNI AM Putranto. Dibantu sejumlah tokoh, antara lain Komjen Pol (purn) Nanan Soekarna, Komjen Pol (pun) Mochamad Iriawan, Irjen Pol Sam Budigusdian, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi, Hutomo Mandala Putra, Tinton Soeprapto, Ricardo Gelael, hingga Rommy Winata," katanya.

Dalam pelaksanaan acara tersebut, Bamsoet memastikan seluruh rangkaian proses acara digelar dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Ia juga menyebut seluruh panitia, pengurus, hingga tamu undangan diwajibkan menjalani swab test antigen, menggunakan masker dan menjaga jarak selama acara berlangsung.

"Usai dikukuhkan, pengurus IMI Pusat akan bergerak cepat mengkonsolidasikan organisasi dengan menekankan empat prinsip dasar, yaitu sportivitas, kekeluargaan, sosial, dan modern. Saya yakin ke depan IMI akan tumbuh sebagai organisasi yang semakin maju, sehat dan dapat diandalkan. Apalagi, dengan kolaborasi yang solid antara tokoh-tokoh senior dengan generasi milenial dalam tubuh IMI," katanya.

Sebagai informasi, acara Pelantikan Ketum dan Pengurus Pusat IMI dilakukan secara hybrid dengan memadukan kehadiran fisik dan virtual. Dalam acara tersebut, turut hadir Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Komandan Kodiklat TNI AD Letjen TNI AM Putranto, Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Istiono, Ketua Harian PB PON Papua Yunus Wonda, CEO Sirkuit Internasional Sentul Tinton Soeprapto, Ketua Umum PSSI Komjen Pol (pun) Mochamad Iriawan, dan Ketua Harian PB e-Sport Komjen Pol Bambang Sunarwibowo.

Hadir pula Ketua Umum IMI Pusat periode 1991-1995 Hutomo Mandala Putra, Ketua Umum IMI Pusat periode 2011-2015 Komjen Pol (purn) Nanan Soekarna, dan Ketua Umum IMI Pusat periode 2016-2020 Sadikin Aksa.



Simak Video "Anies-Atta Halilintar Hadiri Pelantikan Bamsoet Sebagai Ketua IMI"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/din)