Beli Mobil di Papua Harus Sabar, Baru Datang Dua Bulan Setelah Dipesan

M Luthfi Andika - detikOto
Selasa, 02 Feb 2021 17:47 WIB
Catatan Untuk Pembangunan Jalan Trans Papua
Ilustrasi jalanan Papua Foto: detik
Jakarta -

Membeli mobil baru di Jakarta tidak butuh waktu lama sampai unit dikirim ke rumah, asal DP sudah dibayar mobil bisa secepatnya dikirim. Tapi Papua kondisinya jauh berbeda. Menunggu kendaraan datang bisa memakan waktu sampai dua bulan.

Seperti yang disampaikan Balai Arkeologi Papua Hari Suroto, masyarakat Papua harus punya urat sabar lebih panjang untuk bisa memiliki kendaraan baru, terlebih jika kendaraan harus diantar dari Jakarta. Bayangkan saja, durasinya bisa sampai dua bulan.

Atas alasan tersebut, banyak warga di Papua yang memilih untuk memiliki kendaraan berdasarkan stok yang ada.

"Kalau stok mobil ada di dealer, prosesnya tidak sampai satu bulan, kalau mobil harus diorder dari Jakarta, butuh waktu hampir 2 bulan. Karena proses pengiriman kontainer dari Jakarta ke Jayapura sekitar 21 hari (baru sampai di dealer)," ucap Hari.

Jalan mulus di MorotaiIlustrasi Jalan mulus di Morotai Foto: Dok. Istimewa/Kementerian PUPR

Soal selera kendaraan warga Papua juga berbeda dengan Jakarta dan kota-kota lain di Indonesia. Mobil keluarga seperti Multi Purpose Vehicle (MPV) bukan pilihan utama di Papua.

"Mobil MPV di Papua? Yang laku adalah mobil yang ber-cc besar (dengan mesin yang lebih besar) dan berbadan besar. Untuk MPV seperti Avanza itu populer untuk pelaku usaha sewa mobil tapi untuk di dalam kota saja (bukan untuk menjelajah ke pedalaman)," Hari menambahkan.

"Pada umumnya, orang Papua suka sesuatu yang baru kalau mobil lama dijual ya harga jatuh jauh, tetapi bagi mereka gak masalah. Ada model baru ya beli baru, yang penting barang ada," Hari menambahkan.



Simak Video "Update Kondisi Ilaga Usai KKB Bakar Heli di Bandara"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)