Mantap! Papua Punya Sirkuit Balap Baru dan Modern

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 02 Des 2020 15:43 WIB
Sirkuit di Merauke
Sirkuit di Merauke Foto: Tangkapan layar YouTube Aspal Finisher Channel
Jakarta -

Indonesia kini punya sirkuit baru untuk gelaran balap motor cross dan road race. Lokasinya terletak di Distrik Tanah Miring, Merauke, Papua.

"Freegeb Waninggap Sai Gau Tak" jadi nama sirkuit yang bakal digunakan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua 2021. Ketua Komisi Safety Sepeda Motor Ikatan Motor Indonesia (IMI), Dyan Dilato mengatakan sirkuit tersebut sudah siap 100 persen untuk menggelar ajang kejuaraan balap kelas 150 cc.

"Iya sudah diresmikan untuk PON (Pekan Olahraga Nasional), sudah (dihomologasi Ikatan Motor Indonesia), saya desainer dan pilot project (sirkuit) nya untuk PON Papua," kata Dyan saat dihubungi detikcom melalui sambungan telepon, Rabu (2/12/2020).

[Gambas:Instagram]



Dengan demikian, kepastian akan pelaksanaan cabang olahraga balap motor yang bakal diadakan bulan Oktober mendatang positif di laksanakan di Kabupaten Merauke, Papua.

Dalam portal pemerintah Merauke, sirkuit ini berdiri di atas lahan seluas 26,5 hektar, dan terbagi menjadi dua lintasan; arena road race mengunakan lahan seluas 16,5 hektar, dan motor cross mengunkan lahan 6,2 hektar, dan untuk bangunan pendukung mengunakan lahan 3,8 hektar.

Untuk panjang lintasan road race 1.812 meter, lebar lintasan 8 meter. Untuk motor cros, panjang lintasan 1.340 meter, lebar lintasan 36 meter.

"Kemudian corner (sirkuit Road Race) nya 16, 8 kiri, dan 8 kanan," jelas Dyan.

Sirkuit juga penting untuk menunjang keamanan pebalap, Dyan mengatakan keamanan landasan pacu tersebut juga sudah dipertimbangkan matang-matang.

"Iya, sudah udah ditesting," sambung pria yang juga menjabat sebagai safety officer FIM (Federation Internationale Motor) Asia itu.

"Itu memang saya yang desain, mengawas, dan homologasi juga," jelasnya.

Namun Dyan mengatakan sirkuit ini tidak diakomodir untuk ajang balap kelas internasional seperti Road Race Asia (AARC). "Belum bisa, ini kelasnya untuk Sport 150, bukan hanya underbone. Kalau di Asia kan ada 250 ada 600 cc," kata Dyan.

Sebagaimana sirkuit modern, Freegeb Waninggap Sai Gau Tak ini dilengkapi dengan sarana pendukung seperti tribun VIP dan tribun biasa dengan daya tampung 1000 penonton. Lalu, ada juga paddock area, gedung sekretariat, rumah jaga, toilet umum, sarana air bersih dan lainya.

Bupati Merauke Frederikus Gebze menyebut kehadiran sirkuit ini merupakan kerja keras pemerintah dan masyarakat Merauke dalam mendukung PON Papua. Dia menambahkan kehadiran sirkuit ini sebagai motivasi untuk menumbuhkan semangat kepada anak Merauke yang mempunyai potensi pada bidang olah raga otomotif.

"Ini tempatnya sudah ada, jangan lagi ada balapan liar di jalanan. Silahkan gunakan fasilitas ini sebaik mungkin," pinta Frederikus Gebze seperti dimuat dalam website Pemerintah Merauke.



Simak Video "Gagahnya Brabus Mercedes-AMG G63 2020, SUV Rp 10 M yang Dipamerin Ronaldo"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)