Polres Boyolali Gergaji Knalpot Modif Bising

Ragil Ajiyanto - detikOto
Rabu, 27 Jan 2021 14:56 WIB
masak popcorn pakai knalpot
Ilustrasi Knalpot Foto: instagram
Boyolali -

Sebanyak 250 knalpot bising atau brong hasil sitaan dimusnahkan Satlantas Polres Boyolali. Knalpot yang mengeluarkan suara keras dan bising dimusnahkan dengan cara digergaji.

"Hari ini Satlantas Polres Boyolali melaksanakan pemusnahan barang bukti terkait penggunaan knalpot racing atau knalpot brong yang biasa kita kenal," kata Wakapolres Boyolali, Kompol Ferdy Kastalani, di sela-sela acara pemusnahan knalpot brong di Mako Satlantas Polres Boyolali, Rabu (27/1/2021).

Penggunaan knalpot tidak standar tersebut, jelas Ferdy, merupakan bentuk pelanggaran terhadap Undang-undang yang ada. Yaitu pasal 285 UU nomor 22 tahun 2009 tentang lalulintas dan angkutan jalan.

"Untuk penggunaan knalpot brong ini diatur dalam UU nomor 22 tahun 2009, Pasal 285, dengan ancaman pidananya ada ya satu bulan dengan denda Rp 250.000," ujar Ferdy.

Polres Boyolali Gergaji Knalpot BrongPolres Boyolali Gergaji Knalpot Brong Foto: Ragil Ajiyanto/detik.com

Jumlah knalpot brong yang dimusnahkan yaitu sebanyak 250. Disita dari hasil operasi Satlantas Polres selama tahun 2020. Satu persatu knalpot bersuara keras itu dipotong menggunakan gergaji gerinda.

"Dari hasil operasi Kepolisian khususnya Satlantas dari tahun 2020 dari bulan Januari sampai Desember, kita menyita sebanyak 250 knalpot tidak standar," imbuh dia.

Pihaknya pun mengimbau kepada masyarakat untuk mematuhi peraturan lalulintas. Sehingga semua aman sampai tujuan.

"Mari kita sama-sama patuhi peraturan lalulintas, sehingga kita bisa menghindari pelanggaran yang mana pelanggaran ini awal mula terjadinya kecelakaan," imbau dia.

"Khusus untuk pengguna knalpot brong, tidak ada tempat untuk knalpot brong di wilayah Boyolali," tandasnya.



Simak Video "Bikin Berisik, Ratusan Knalpot Brong Dimusnahkan Polres Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/lth)