Wiraniaga Dealer Hyundai Bakal Diganti dengan Robot

Rizki Pratama - detikOto
Selasa, 26 Jan 2021 20:14 WIB
Hyundai luncurkan robot untuk bantu tugas wiraniaga.
Robot Hyundai dapat mengganti peran wiraniaga di dealer. Foto: Hyundai
Jakarta -

Menjual mobil tidak sekedar diperlukan keunggulan barangnya saja, perlu ada tenaga penjual atau yang disebut dengan wiraniaga. Tugas wiraniaga ini pun tampaknya akan tergantikan oleh robot, setidaknya untuk jaringan penjualan Hyundai.

Hyundai Motor Group baru saja meluncurkan robot layanan pelanggan humanoid bernama DAL-e. Ini adalah robot yang sangat canggih yang dirancang untuk berkomunikasi dengan orang-orang menggunakan kemampuan pengenalan dan fungsi mobilitas yang tepat.

Nama DAL-e adalah akronim dari "Drive you, Assist you, Link with you-experience." Robot ini tentu sudah dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan mutakhir untuk pengenalan wajah, serta sistem komunikasi berdasarkan platform pemahaman bahasa. DAL-e dirancang untuk menghadirkan masa depan layanan pelanggan.

Robot ini berukuran 1.160 x 600 x 600 mm dan berat 80kg. DAL-e dipamerkan di showroom Hyundai di Seoul selatan, di mana robot tersebut melakukan tugas perdananya. Setelah pengoperasian tersebut, kini diharapkan dapat digunakan di berbagai bidang yang membutuhkan interaksi sehari-hari dengan pelanggan, seperti dealer lain yang dioperasikan di bawah Hyundai Motor Group.

Dengan tubuh humanoid kecil yang memberikan kesan ramah, DAL-e secara signifikan lebih ringan dan lebih kompak daripada banyak layanan pelanggan dan robot pemandu lainnya di pasar. DAL-e dilengkapi dengan sejumlah fitur yang ramah dan emosional untuk interaksi lebih alami dengan pelanggan. Jika pelanggan memasuki showroom tanpa mengenakan masker, robot akan mengetahuinya, dan menyarankan pelanggan untuk memakainya. Dalam hal kemampuan komunikasinya, DAL-e mampu melakukan percakapan dengan pelanggan dengan memberikan informasi yang berguna tentang produk dan layanan, sambil menanggapi perintah layar sentuh dan lisan.

Dalam hal mobilitas, robot ini dapat bergerak bebas dan mengantar pelanggan ke tempat yang ditentukan berkat empat roda omnidirectionalnya. Ia juga dapat menghibur pelanggan dengan berbagai cara, seperti menghubungkan secara nirkabel ke layar tampilan besar di tempat tersebut, meminta pengunjung untuk mengambil foto dengannya, dan memberikan respon dengan lengannya.

Di ruang pameran tempat debutnya, DAL-e dikreditkan dengan meringankan alur kerja staf dengan menawarkan bantuan langsung kepada pelanggan, terutama mereka yang tidak suka dibantu oleh staf manusia sehubungan dengan pandemi. DAL-e juga dapat menggantikan peran karyawan dealer yang ingin berlibur di akhir pekan.

Hyundai Motor Group berencana untuk terus mengembangan DAL-e berdasarkan data dari operasi pertama ini untuk mengasah kemampuannya seiring berjalannya waktu.



Simak Video "Canggih! Ini Aksi Robot Hyundai yang Dibawa ke Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)