Asyik! Hyundai Bikin Stasiun Pengisian Daya Mobil Listrik di Tol TransJawa

Rizki Pratama - detikOto
Kamis, 24 Des 2020 12:57 WIB
SPLU untuk Cas Mobil Listrik di Jakarta
SPLU mobil listrik di jalan tol Trans Jawa. Foto: Luthfi Anshori
Jakarta -

Salah satu yang membuat orang masih ragu untuk menggunakan mobil listrik adalah soal jarak tempuh dan infrastrukturnya. Tentu tidak ada yang mau kalau saat dalam perjalanan baterai mobil habis dan tidak ada tempat untuk mengisi dayanya.

Bagi anda yang mau liburan lewat tol Trans Jawa pakai mobil listrik tidak perlu takut lagi. Di beberapa tempat peristirahatan Tol Trans Jawa ternyata sudah ada tempat pengisian daya mobil listrik yang dibangun oleh Hyundai.

"Jadi pemerintah memang menyiapkan tahun depan banyak program itu. Kita berinisiatif membantu kasih charging tambahan dari Jakarta ke Surabaya yang tipe wallmount 7,2 kw. Kita kasih tambahan 4 fast charging di 519 a dan 519 b sama 200 berapa km saya lupa," kata Managing Director PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Makmur saat ditemui di Senayan Spark, Jakarta Pusat, Rabu (23/12/2020).

Saat ditanya lebih lanjut apakah akan terus memperbanyak tempat pengisian itu, Makmur menyerahkannya kepada pemerintah. Walaupun tentu Hyundai tetap akan punya beberapa titip tempat pengisiannya.

"Mungkin nanti program pemerintah ya, kita cuma supporter," lanjut Makmur.

Walaupun dibuat dari Hyundai, tempat pengisian mobil listrik ini bisa dipakai oleh mobil listrik apa pun. Dengan syarat, ya spesifikasi nozzle gun-nya harus sama. Selama mobil listrik anda cocok bisa mengisi dayanya di sini walaupun tidak bermerek Hyundai.

"Bisa itu tidak cuma spesifikasi Hyundai, selama nozzle gun-nya sama. Kan sifatnya membantu program pemerintah jadi bisa," lanjut Makmur.

Makmur juga kembali mengingatkan bahwa menggunakan EV tak perlu lagi takut kehabisan baterainya. Sebenarnya selama ada colokan listrik dan ada alat pengisi maka mobil pasti dapat diisi lagi dayanya.

"EV tak perlu takut, yang penting ada colokan listirik, kita kasih portbale charger dan merubah habit. Pulang ke rumah colok listrik besok penuh, yang penting jangan sampai baterai habis baru colok. Nggak usah khawatir baterai rusak kita kasih garansi 8 tahun," tutupnya.



Simak Video "Hyundai Siapkan Mobil Listrik Murni Pertama di Indonesia!"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)