IMI dan IOF Gelar Event Offroad di Pesisir Jakarta

Rizki Pratama - detikOto
Senin, 14 Des 2020 22:39 WIB
Setelah hampir 3 bulan tertunda terkait pandemi covid-19, akhirnya event perdana offroad di  tahun  2020 akhirnya  terselenggara  dengan  sukses. Event Urban  Beach  Adventure  2020 terselenggara pada tanggal11-13 Desember 2020,di Ancol Dirt Track yaitu trackoffroad di pesisir Teluk Jakarta.
Event offroad pertama IOF di tahun 2020 digelar di pesisir Jakarta. Foto: IOF
Jakarta -

Ikatan Motor Indonesian (IMI) dan Indonesia Offroad Federation (IOF) menggelar event perdana offroad di tahun 2020 setelah sempat tertunda 3 bulan dari jadwal semula akibat pandemi COVID-19. Event bertajuk Urban Beach Adventure 2020 terselenggara pada tanggal11-13 Desember 2020,di Ancol Dirt Track yaitu trackoffroad di pesisir Teluk Jakarta.

Tentunya kegiatan ini juga mematuhi protokol kesehatan. Jumlah peserta dibatasi maksimal 100 offroader dan pada saat agenda hanya ada 85 peseerta yang ikut.

"Urban Beach Adventure 2020 ini kali pertama diselenggarakan di Ancol dan sekaligus untuk menguji coba lintasan offroad Jakarta," kata ketua pelaksana Urban Beach Adventure 2020, Agus Priyo melalui siaran pers, Senin (14/12/2020).

Kegiatan offroad ini terbagi dalam dua kategori. Ada Non-winch Racing Adventure dan Winching Adventure Competition. Race-day untuk dua kategori tersebut dilangsungkan pada 12-13 Desember 2020. Sehari sebelum bertanding kendaraan dinyatakan diperiksa lewat scrutineering yang dilanjutkan seluruh peserta mengikuti briefing pada tanggal 11 Desember 2020, sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Semuanya kelas non winching berlaga di lintasan offroad sepanjang satu kilometer dengan tantangan beberapa tikungan technical dan penuh kejutan serta keseruan kolam lumpur alias mud bogger.

Untuk kategori kelas Winching sekaligus merupakan kelas Free For All (FFA) Adventure Competition yang terbuka untuk semua kapasitas mesin kendaran. Selama dua hari kompetisi di Skill Games Arena Ancol Dirt Track, para peserta wajib lolos menyelesaikan 7 SCS di kelas Non-Winch dan 6 SCS di kelas Winching.

"Alhamdulillah penggemar offroad racing antusias mengikuti. Berkaitan dengan penerapan protokol kesehatan mencegah penularan Covid-19, mohon maaf kami membatasi jumlah peserta maksimal 100 pembalapdan penonton,dan selama event berlangsung satgas covid berpatroli untuk mengingatkan penggunaan masker dan jaga jarak bagi semua official, pembalap dan mekanik yang terlibat langsung di arena UBA 2020 ini," tambah Agus Priyo.

Urban Beach Adventure 2020 diselenggarakan XJ Owners Club (XJOC) dan didukung oleh IMI Pengprov DKI Jakarta serta IOF Pengda DKI Jakarta. Sesuai namanya, Ancol Dirt Track tempat kompetisi digelar ini berada di pinggiran pantai dengan pemandangan gedung-gedung pencakar langit Jakarta dan tentunya pantai utara Jakarta.

Nama lengkap Ancol Dirt Track adalah Sirkuit Dirt Track IMI DKI Jakarta -IOF DKI Jakarta. Berdiri di atas lahan seluas 12 hektar dalam kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. Keberadaan kembali sirkuit khusus offroad di wilayah DKI Jakarta ini tidak lepas dari peran Ketua DPRD DKI Jakarta PrasetyoEdy Marsudiselaku pembina IMI DKI Jakarta. Ground breaking pembangunan sirkuit yang kelak dapat digunakan untuk motorcross dan speed rally ini dilakukan padabulan Oktober 2019.



Simak Video "Formula E Jadi Digelar di Jakarta Enggak Sih?"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)