Warga Amerika Turun ke Jalan, Beri Tepuk Tangan Truk Pembawa Vaksin Corona

Doni Wahyudi - detikOto
Senin, 14 Des 2020 17:26 WIB
LANSING, MI - DECEMBER 13: A UPS worker hooks a UPS truck to a trailer containing shipments of the Pfizer And BioNTech COVID-19 vaccine at the Capital Region International Airport on December 13, 2020 in Lansing, Michigan. The first doses of the coronavirus (COVID-19) vaccine will be distributed to all 50 states.   Rey Del Rio/Getty Images/AFP
Truk pembawa vaksin corona mulai disebar ke berbagai wilayah di Amerika Serikat (AFP/Rey Del Rio)
Jakarta -

Beberapa warga Amerika Serikat turun ke jalan sambil memakai masker. Mereka bersuka cita dan bertepuk tangan saat truk yang membawa vaksin virus corona mulai didistribusikan.

Minggu (13/12) waktu setempat, Amerika Serikat mulai mendistribusikan vaksin virus corona. Truk pertama yang membawa vaksin corona tersebut terlihat meninggalkan pabrik pembuatannya yang berlokasi di Michigan.

Proses pendistribusian vaksin corona tersebut mulai dilakukan setelah Panel Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS memberikan rekomendasi untuk menggunakan vaksin yang dikembangkan oleh Pfizer dan BioNTech.


Pada Minggu pagi dinihari, para pekerja pabrik Pfizer mulai mengeluarkan vaksin dari dalam freezer. Lalu menempatkannya ke kotak-kotak penyimpan dan memasukkan ke dalam truk yang sudah disiapkan.

Vaksin-vaksin tersebut didistribusikan menggunakan beberapa truk berlogo UPS berwarna hitam. Truk lainnya yang dipakai adalah truk milik perusahaan pengiriman FedEx. Truk-truk tersebut dilengkapi pendingin khusus sehingga bisa mengantar vaksin ke berbagai vilayah di Amerika Serikat dalam kondisi terjaga.

LANSING, MI - DECEMBER 13: A UPS worker hooks a UPS truck to a trailer containing shipments of the Pfizer And BioNTech COVID-19 vaccine at the Capital Region International Airport on December 13, 2020 in Lansing, Michigan. The first doses of the coronavirus (COVID-19) vaccine will be distributed to all 50 states.   Rey Del Rio/Getty Images/AFPTruk pembawa vaksin corona keluar dari pabrik Pfizer untuk didistribusikan Foto: AFP/Rey Del Rio

Tak lama setelah keluar dari area pabrik, truk-truk tersebut langsung dapat sambutan dari warga. Beberapa orang terlihat berdiri di pinggir jalan menyambut keberangkatan truk. Sebagian malah ada yang bertepuk tangan.

Dikutip dari AFP, pengiriman vaksin virus corona menggunakan truk ini merupakan upaya vaksinasi terbesar sepanjang sejarah kesehatan Amerika Serikat. Diperkirakan, pada tahap awal akan ada 3 juta dosis vaksin dikirim dari pabrik Pfizer.

Beberapa golongan yang menjadi prioritas pemberian vaksin corona tersebut adalah para petugas kesehatan, termasuk yang melakukan perawatan di rumah. Di Amerika Serikat angka kematian akibat virus corona sudah mendekati angka 300.000 jiwa.

Secara menyeluruh, pemerintah Amerika Serikat memprediksikan vaksin corona sudah akan terdistribusi pada musim semi 2021, atau paling lambat musim panas tahun yang sama.



Simak Video "Sejumlah Produsen Laporkan Efikasi Vaksin COVID-19, Apa Artinya?"
[Gambas:Video 20detik]
(din/riar)