Hore! Tol Cipali Bakal Punya Stasiun Pengisian Baterai Mobil Listrik

Rizki Pratama - detikOto
Jumat, 27 Nov 2020 15:53 WIB
Badan Pusat Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) meluncurkan Electic Vehicle Charging Station di Kantor BPPT, Jakarta Pusat, Rabu (5/12/2018). Acara itu dihadiri oleh Deputi Bidang Teknologi Informasi Energi dan Material Eniya Listiani Dewi, Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko, dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.
Tol Cipali akan pasang charging station. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Akhir tahun 2020 ini semangat pemasaran mobil listrik kembali menggeliat berkat peluncuran Hyundai Ioniq, Kona, dan Lexus UX 300e yang sebelumnya sudah dimulai oleh BMW i3 dan Tesla.

Melihat mobil listrik semakin banyak pilihannya, penyedia infrastruktur tentu tak akan mengabaikan pelayanan kendaraan ramah lingkungan ini. Pengelola Tol Cipali, Astra Infra pun sudah memiliki rencana untuk penyediaan tempat pengisian daya mobil listrik di ruas jalannya. Tapi, implementasinya belum dilakukan dalam waktu dekat ini.

"Kami sudah terpikirkan untuk charging station. Memang belum dalam waktu dekat. Kami concern dengan green energi, salah satu rest area kami dilengkapi dengan solar panel," ungkap Consession Monitoring, Compliance & EHS Astra Tol Cipali, Justinus Wisnu Dewanto saat ditemui di rest area Tol Cipali KM 86, Kamis (26/11/2020).

Astra Infra yang berada di bawah naungan Astra International juga dikatakan saling berkomunikasi dengan anak-anak perusahaan Astra lainnya di bidang otomotif. Tentunya sinergi ini akan membuat mobil listrik dari Astra mendapatkan kebutuhan infrastruktur yang tepat pula.

"Kami terus komunikasi dengan grup, pada saatnya nanti akan siapkan itu. Nanti bertahap akan masuk charging station," lanjutnya.

Kendati saat ini belum ada tempat pengisian daya khusus mobil listrik, beberapa rest area sudah dilengkapi dengan fasilitas berupa sumber listrik luar ruangan. Contohnya, di rest area KM 86 ada sumber listrik yang dapat diakses dekat tempat parkir. Pemilik mobil listrik tentu dapat menggunakannya walau memang kemampuan pengisian cepatnya tak sebagus charging station biasa.

"kami siapkan colokan untuk di luar, untuk tenant dan kebutuhan lain," tandasnya.



Simak Video "Kecelakaan di Tol Cipali, Mobil Remuk-Satu Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lua)