Intip Progres Jalan Tol Akses BIJB Kertajati

M Luthfi Andika - detikOto
Selasa, 17 Nov 2020 08:15 WIB
Tol akses Bandara International Jawa Barat (BIJB) Kertajati
Ilustrasi Tol akses Bandara International Jawa Barat (BIJB) Kertajati Foto: dok. Astra Tol Cipali
Jakarta -

Pada awal September 2020 lalu, Astra Tol Cipali bersama dengan Kementerian Pekejaan Umum & Perumahan Rakyat, Pemerintah provinsi Jawa Barat dan kabupaten majalengka meresmikan Groundbreaking Pembangunan jalan tol akses Bandara International Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Sudah bisa dilintasi belum ya?

Dalam rilis yang diterima detikOto, tol akses BIJB Kertajati sudah direncanakan sejak Mei 2017, di mana pekerjaan ini merupakan penambahan lingkup Jalan Tol Cipali. Akses BIJB Kertajati ini nantinya akan terkoneksi dengan Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) yang menghubungkan Kota Bandung dan wilayah sekitarnya.

"Jalan Tol Akses menuju BIJB Kertajati yang terkoneksi dengan Jalan Tol Palimanan dimulai dari km 158+700 dengan panjang jalan sekitar kurang lebih mencapai 3,7 km. Saat ini progress pembangunan sudah berjalan 42 hari dari total waktu pelaksanaan 305 hari. Saat ini pekerjaan sudah land clearing dan penimbunan tanah serta pondasi untuk jembatan," jelas Direktur Operasi ASTRA Tol Cipali, Agung Prasetyo.

Dengan total pelaksanaan pekerjaan selama 305 hari, saat ini progress pembangunan akses BIJB Kertajati sudah memasuki 4,9% progress pekerjaan yang terdiri dari land clearing dan penimbunan tanah serta pondasi untuk jembatan. Yang sebelumnya juga dilakukan penanganan aliran air, pengamanan lingkungan hidup, manajemen lalu lintas, pekerjaan galian tanah yang berupa galian, timbunan, drainase pasir sampai dengan pengerasan frontage

Proses pembangunan menelan biaya Rp 692 miliar dengan kontrak kerja selama 12 bulan diprediksi akan mulai beroperasi pada bulan November 2021. Namun diharapkan pada bulan Juli 2021 Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) dapat digunakan untuk uji coba fungsi dan laik operasi oleh Kementrian PUPR untuk keberangkatan jemaah haji provinsi Jawa Barat yang berpusat di BIJB Kertajati.

Tol akses Bandara International Jawa Barat (BIJB) KertajatiTol akses Bandara International Jawa Barat (BIJB) Kertajati Foto: dok. Astra Tol Cipali

Dalam kesempatan yang sama Astra Tol Cipali terus mengingatkan agar setiap pengendara harus lebih hati-hati dalam berkendara melalui program sosialisasi keselamatan berkendara. Astra Tol Cipali tidak hanya mensosialisasikan perihal keselamatan berkendara melalui media luar ruang berupa spanduk, Variable Message Sign (VMS) dan juga Videotrone yang tersebar di tol Cipali.

Diharapkan dengan dilakukan pembangunan Akses BIJB Kertajati tidak hanya mempercepat dan mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah sekitar namun juga dapat membuka peluang bagi masyarakat yang berada di wilayah Majalengka dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Tol akses Bandara International Jawa Barat (BIJB) KertajatiTol akses Bandara International Jawa Barat (BIJB) Kertajati Foto: dok. Astra Tol Cipali

Astra Tol Cipali secara masif mengajak masyarakat untuk mulai menyadari pentingnya berkendara dengan aman serta mematuhi rambu-rambu melalui informasi media sosial Instagram dan Twitter @astratolcipali. ASTRA Tol Cipali juga terus mengimbau kepada pengguna jalan untuk selalu melakukan pengecekan berkala dan tekanan angin pada kendaraan sebelum melakukan perjalanan.



Simak Video " Siap-siap Sebentar Lagi Tarif Tol Trans Jawa Naik"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)