Alhamdulillah, Tingkat Kecelakaan di Tol Cipali Berkurang 13 Persen

M Luthfi Andika - detikOto
Kamis, 15 Okt 2020 21:06 WIB
Kendaraan melintas di Tol Cipali Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (21/5/2020). Menjelang Lebaran, salah satu titik kepadatan arus mudik di ruas tol Cikopo-Palimanan (Cipali) terpantau sepi dikarenakan adanya larangan mudik dari Pemerintah demi mencegah penyebaran wabah COVID-19. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/nz
Ilustrasi Tol Cipali Foto: ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI
Jakarta -

Pengelola jalan tol Cipali atau PT Lintas Marga Sedaya yang kini diesebut ASTRA Infra Tol Road Cikopo-Palimanan (ASTRA Tol Cipali), mengklaim tingkat kecelakaan di tol Cipali menurun hingga 13 persen di 2020. Tentu kabar ini patut disyukuri.

"Pada tahun berjalan jumlah kecelakaan lebih rendah 13% dengan jumlah 721 menjadi 628 di tahun 2020," ujar Direktur Operasi ASTRA Tol Cipali, Agung, dalam rilis yang diterima detikOto, Kamis (15/10/2020).

Agung menambahkan kecelakaan yang terjadi di tol cipali tidak lepas dari kelalaian pengendara. Maka dari itu pengendara disarankan untuk lebih waspada dan berhati-hati dalam berkendara.

"Berdasarkan kajian Komite Nasional Keselamatan Tranportasi (KNKT) Jalan Tol Cipali dengan karakteristik jalan tol yang lurus berada di tengah jalan tol trans Jawa memiliki faktor reaksi manusia yang berdampak pada kecelakaan, yaitu risiko lelah pada pengemudi dan tingginya gap kecepatan. Bagi para pengguna jalan jangan dipaksakan untuk terus mengemudi karena faktor penyebab kecelakaan yang besar saat mengantuk atau Lelah terjadi penurunan kesadaran sehingga tidak waspada dan dapat berakibat fatal bagi diri sendiri maupun orang lain," kata Agung.

Kendaraan melintas di Tol Cipali Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (21/5/2020). Menjelang Lebaran, salah satu titik kepadatan arus mudik di ruas tol Cikopo-Palimanan (Cipali) terpantau sepi dikarenakan adanya larangan mudik dari Pemerintah demi mencegah penyebaran wabah COVID-19. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/nzKendaraan melintas di Tol Cipali Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (21/5/2020). Menjelang Lebaran, salah satu titik kepadatan arus mudik di ruas tol Cikopo-Palimanan (Cipali) terpantau sepi dikarenakan adanya larangan mudik dari Pemerintah demi mencegah penyebaran wabah COVID-19. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/nz Foto: ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI

Untuk itu pada sisi enforcement ASTRA Tol Cipali bersama dengan Polda Jawa Barat dan Kementerian Perhubungan Darat secara rutin melakukan operasi batas kecepatan (speed gun) dan penindakan kendaraan over dimension dan overload, sebagai bentuk keseriusan dalam menerapkan kesadaran dalam keselamatan berkendara.

Agung juga menjelaskan ASTRA Tol Cipali juga melakukan edukasi kepada masyarakat dan pengguna jalan melalui media luar ruang seperti spanduk, variable message sign (VMS), video trone, billboard dan melalui media sosial website, twitter dan instagram @astratolcipali baik berupa konten himbauan maupun informasi terkait dengan keselamatan dan resiko berlalu lintas guna meningkatkan kesadaran akan keselamatan berkendara.

Melalui rangkaian kegiatan di bulan keselamatan, ASTRA Tol Cipali senantiasa mengingatkan kepada para pengguna jalan untuk selalu patuhi rambu saat berkendara. Tetap menjaga jarak aman minimal 100 meter dengan kendaraan lain, apabila lelah dan mengantuk segera beristirahat di 8 rest area Tol Cipali yang tersebar 4 di arah Palimanan dan 4 rest area arah Jakarta.



Simak Video "Perbaikan Tol Cipali yang Ambles Sudah Rampung, Ini Penampakannya"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)