Jumat, 20 Nov 2020 12:40 WIB

Yamaha R6 Disuntik Mati

Luthfi Anshori - detikOto
Yamaha YZF-R6 Terbaru Yamaha R6 disuntik mati. Foto: Yamaha
Jakarta -

Yamaha resmi menyetop produksi motor sport fairing mereka, YZF-R6. Keputusan ini diambil lantaran menurunnya penjualan motor sport berkapasitas 600 cc secara global. Konsumen lebih menyukai motor 600 cc ke atas dan motor adventure.

Yamaha R6 resmi disuntik mati. Penjualan sportbike ini bakal dihentikan di Amerika dan Eropa mulai tahun depan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan Yamaha harus mengambil keputusan itu. Selain karena lesunya penjualan, faktor emisi Euro5 yang akan diterapkan tahun depan juga makin mempersulit posisi Yamaha R6.

Dan tidak hanya Yamaha R6, beberapa model lain juga disetop produksinya, seperti motor trail WR250R, dan model skutik Vmax, dan Smax.

Meski tidak lagi dijual untuk konsumen umum, Yamaha akan tetap menjual R6 sampai unitnya habis. Tapi unit R6 yang dijual khusus untuk trek balap, yang sudah dibekali sejumlah part racing.

Sebagai informasi, model terkini Yamaha R6 dibekali mesin DOHC, forward-inclined parallel 4-cylinder, 4-valves, 600cc, yang punya daya maksimum 91,0 kW (123,7 PS) di 14.500 rpm dan torsi maksimum 65,7 Nm (6,7 kg-m) pada 10.500 rpm.

Yamaha YZF R-6Yamaha masih menjual R6 versi balap Foto: motorcycle.com

Motor ini telah dilengkapi fitur-fitur elektronik modern, mulai dari kontrol traksi (TCS), quick shift system (QSS), dan slipper clutch.

Yamaha R6 juga membawa teknologi Yamaha Chip Controlled Throttle (YCC-T), Yamaha Chip Controlled Intake (YCC-I), sistem transmisi 6-percepatan dengan rasio rapat, dan knalpot titanium.

Di Indonesia, Yamaha masih menjual R6 generasi sebelum facelift. Harganya Rp 270 juta on the road Jakarta



Simak Video "Skutik Yamaha Gear Diluncurkan, Begini Wajah dan Spesifikasinya"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com