Honda Scoopy Generasi Baru, Kenapa Masih Pakai Mesin 110 cc?

Rizki Pratama - detikOto
Selasa, 10 Nov 2020 19:14 WIB
Honda Scoopy
Alasan Honda masih tawarkan mesin 110 cc di Scoopy terbaru. (PT Astra Honda Motor)
Jakarta -

Honda Scoopy baru saja mendapatkan penyegaran yang signifikan di generasi ke-5. Paling besar adalah penggunaan sasis enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) dan berbagai penyematan fitur canggih motor zaman sekarang.

Akan tetapi, soal dapur pacu Honda Scoopy masih mengandalkan mesin terkecil, yaitu mesin 110 cc. Padahal sudah banyak kompetitornya yang meninggalkan mesin tersebut dan melompat ke mesin 125 cc.

Generasi ke-5 Honda Scoopy.Generasi ke-5 Honda Scoopy. Foto: PT Astra Honda Motor (AHM)

Honda punya alasan sendiri terkait pertanyaan ini. Pabrikan dengan logo sayap mengepak itu mengaku hasil survey konsumennya masih menyukai mesin 110 cc pada Honda Scoopy. Terlebih lagi memang fungsi utama skutik ini adalah sebagai alat transportasi dalam kota saja.

"Jadi memang sat ini kita ketahui sepeda motor dipakai alat trasprtasi yang efisien dan efektif. Dari hasil survey kustomer kami bahwa mesin 110 cc itu sangat efisien dan juga bertenaga jadi kita masih tetap mempertahankan mesin 110 cc," tanggap Executive Vice President Director, Johannes Loman dalam peluncuran virtual All New Honda Scoopy pada Selasa (12/9/2020).

Mesin yang dipakai Honda Scoopy sekarang diklaim generasi terbaru mesin injeksi 110cc enhanced Smart Power (eSP) berpendingin udara. Mesin yang dikombinasikan dengan transmisi otomatis ini dapat menghasikan tenaga 6,6 kW / 7.500 rpm dan torsi 9,3 nm / 5.500 rpm.

Honda ScoopyHonda Scoopy Foto: Honda

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, nilai jualnya adalah irit BBM. Konsumsi bahan bakar Honda Scoopy mencapai 59 km/liter melalui pengaktifan fitur ISS (metode ECE R40) dengan metode pengetesan EURO 3. Model ini hadir dengan kapasitas tangki bahan bakar yang lebih besar yaitu 4,2L.

Kendati bermesin kecil dibanding kompetitornya, harga Honda Scoopy terbilang cukup tinggi. Satu unitnya kini dibanderol Rp 20 jutaan. Walaupun tidak mendapatkan mesin lebih besar, sebagai gantinya Honda Scoopy terbaru dapat beragam fitur-fitur yang dinilai lebih dibutuhkan oleh konsumen mulai dari Idling Stop System, Smart Key, Anti Theft dan port USB untuk mengisi daya gawai.



Simak Video "Honda Luncurkan Honda City Hatchback Hybrid, Cuma Rp 380 Jutaan"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)