Senin, 26 Okt 2020 12:29 WIB

BMW R 18 Classic Diluncurkan, Usung Cita Rasa Motor Jadul

Luthfi Anshori - detikOto
BMW R 18 Classic BMW R 18 Classic. Foto: BMW Motorrad
Jakarta -

Tidak lama setelah peluncuraan BMW R 18, BMW Motorrad kembali meluncurkan varian terbarunya, yaitu R 18 Classic. Moge bergaya cruiser ini mendapat sejumlah aksesori penunjang kegiatan touring.

BMW R18 dan R 18 Classic hadir dengan desain dan karakter mirip sang legenda BMW R5, yang eksis di era 1936 dan 1937-an. Berlabelkan 'First Edition', kedua model ini memadukan teknologi terkini dikombinasi tampilan bergaya 'lawas'.

"Secara desain, R 18 Classic dan R 18 terbaru menampilkan style ikonik masa lampau, hingga memasuki era modern. Meski begitu desain murni saat era kejayaannya dipertahankan di berbagai detail," tulis BMW Motorrad, dalam siaran pers yang diterima detikOto.

BMW R 18 ClassicBMW R 18 Classic Foto: BMW Motorrad

Elemen fungsional dan style berhasil disatukan pada motor ini, seperti rangka double-loop, tangki tear-drop, penggerak gardan terbuka, dan balutan cat, dengan stripping putih ganda.

Rangka belakang BMW R 18 dan R 18 Classic dapat dilepas dan dipasang dengan mudah. Selain itu, penutup kepala silinder dan penutup blok mesin juga dirancang sedemikian rupa agar terlihat ruang olinya, sehingga sangat mudah untuk diganti.

"Secara visual, sosok BMW R18 Classic tidak berubah dengan model R 18 reguler. Adapun tambahan peranti tersebut meliputi windshield besar yang punya fungsi menghalau terpaan angin ke wajah," jelasnya.

BMW R 18 ClassicBMW R 18 Classic Foto: BMW Motorrad

"Kemudian tersedia juga jok untuk penumpang, tas samping berbahan kulit, tambahan lampu depan LED, serta roda depan berdiameter 16 inci. Baik windshield, jok penumpang maupun tas samping dapat dilepas sesuai kebutuhan," sambungnya.

Motor ini juga diklaim nyaman saat dikendarai. Dan posisi footrest yang berlokasi tepat di belakang silinder mesin, mencirikan khasnya lini model BMW.

"Tampilan eksklusif tanpa menghilangkan sisi 'lawasnya' ditunjukkan oleh balutan warna hitam yang mendominasi plus putih, dipadu aksen krom di beberapa komponen serta emblem 'First Edition' pada penutup samping".

BMW R 18 ClassicBMW R 18 Classic Foto: BMW Motorrad

Sementara dari sektor performa, mesin 'Big Boxer' dua silinder berkapasitas murni 1.802 cc masih terpasang, yang menghasilkan tenaga 91 dk pada 4.750 rpm dengan torsi puncak 150 Nm direntang putaran 2.000 - 4.000 rpm.

BMW R 18 Classic menawarkan tiga mode berkendara standar Rain, Roll, dan Rock. Masih ditambah lagi dengan fitur Automatic Stability Control, MSR dan Hill Start Control, untuk memudahkan kala berhenti di tanjakan. Tersedia juga Electronic Cruise Control sebagai peranti standar.

Di Jerman, BMW R 18 Classic dibanderol sekitar 22.225 euro atau setara Rp 386,4 juta.



Simak Video "Canggih! Moge Ini Bisa Ngebut Sendiri di Jalanan"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com