Sabtu, 24 Okt 2020 16:29 WIB

BMW New R 1250 RT Meluncur, Bawa Banyak Fitur Canggih

Luthfi Anshori - detikOto
BMW New R 1250 RT BMW New R 1250 RT dapat banyak pembaruan fitur (Foto: BMW Motorrad)
Jakarta -

BMW Motorrad masih memiliki banyak amunisi motor baru untuk menggairahkan pasar otomotif di tengah pandemi COVID-19. Setelah meluncurkan seri GS edisi ulang tahun ke-40, pabrikan asal Jerman ini merilis BMW New R 1250 RT.

BMW New R 1250 RT masih setia dengan mesin boxer dua silinder yang punya kubikasi 1.254 cc, dengan output tenaga 136 dk dan torsi 143 Nm. Mesin ini telah memenuhi regulasi Euro5 di beberapa negara.

Mesin ini juga sudah mengusung teknologi BMW Shiftcam, yang memvariasikan waktu buka dan tutup katup pada intake, sehingga tenaga mesin BMW New R 1250 RT terus terisi di setiap rentang rpm.

"Kami telah menghadirkan tampilan baru R 1250 RT dengan peningkatan fitur-fitur standarnya, serta sejumlah peranti teknis untuk mencapai pengalaman berkendara yang benar-benar baru," ujar Harald Spagl, Project Manager BMW Motorrad, seperti tertulis dalam siaran pers yang diterima detikOto.

BMW New R 1250 RTBMW New R 1250 RT Foto: BMW Motorrad



"Dengan ditanamkannya teknologi mesin BMW Shiftcam, seorang peturing sejati bakal terpuaskan ambisinya di mana tenaga yang dihasilkan telah tercapai di seluruh rentang kecepatan," sambungnya.

Peningkatan Fitur

BMW New R 1250 RT mendapat sejumlah peningkatan fitur sebagai pendukung berkendara, meski secara tampilan tidak berubah dari desain model sebelumnya.

Pada fascia depan misalnya, lampu utama dengan imbuhan LED kini mendapat opsi 'Adaptive Turning Light'. Dengan adanya teknologi tersebut, sorot cahaya akan mengikuti arah setang, baik berbelok atau pun ketika jalan lurus.

Ke depannya, teknologi tersebut bakal disusupkan BMW Motorrad untuk fitur lainnya di masa depan, seperti fungsi 'Welcome', 'Goodbye', hingga 'Follow me home'.

Fitur lainnya yang juga dikembangkan yaitu mode berkendara 'Eco' yang menjadi peranti standar. Dengan adanya mode ini turut membantu pengendara mendapatkan efisiensi bahan bakar.

Selain itu, untuk varian R 1250 RT Adventure baru dilengkapi Pro Riding Modes sebagai fitur tambahan. Ada komponen baru yang disematkan pada mode ini, yakni MSR. Fitur ini berfungsi memberikan kestabilan saat terjadinya slip akibat rem berlebihan pada roda belakang, dikarenakan penurunan gear secara mendadak.

BMW New R 1250 RTBMW New R 1250 RT Foto: BMW Motorrad

Kemudian adalah fitur BMW Full Integral ABS Pro yang kini menjadi peranti standar. Fitur ini berfungsi untuk mengaktifkan rem depan dan belakang secara bersamaan saat tuas rem tangan dan kaki digunakan. Fitur ini makin sempurna karena dipadukan dengan sistem ABS Pro.

BMW R 1250 RT juga dipasangkan layar berukuran 10,25 inci dan terintegrasi dengan peta navigasi, yang dapat terkoneksi dengan smartphone. Fitur navigasi ini menjadi yang pertama disematkan pada cluster instrumen untuk R 1250 RT.

Tak hanya itu, dengan adanya kompartemen, gawai pengendara jadi lebih terlindungi dengan aman dari paparan panas matahari dan hujan. Di sisi lain, daya baterai gawai tetap terjamin berkat adanya koneksi USB di kompartemen tersebut.

Kenyamanan selama berkendara juga makin terjamin dengan disusupkanya sistem audio 2.0, yang membuat suara musik menjadi lebih jernih dari model pendahulunya.

Hadirnya desain fairing depan baru, tampilan depan pun kini semakin dinamis sekaligus meningkatkan aerodinamika, namun tetap tidak mengganggu jarak pandang pengendara.

Untuk New R 1250 RT, selain menghadirkan versi warna dasar Alpine White 3, juga menyediakan varian Style yang makin disempurnakan dalam 'balutan' tipe Elegance, Sport dan Option 719.

Di Jerman, BMW New R 1250 RT dibanderol 18.862 euro atau sekitar Rp 324,5 juta.



Simak Video "Dibanderol Rp 960 Jutaan, BMW R 18 First Edition Meluncur di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com