Sugeng Rawuh, Tesla Mau Bikin Pabrik di Batang Jawa Tengah

Doni Wahyudi - detikOto
Selasa, 20 Okt 2020 11:29 WIB
VIDEO: Elon Musk Janjikan Mobil Murah Tesla
Tesla akan bangun pabrik di Indonesia, tepatnya di Batang, Jawa Tengah (CNN)
Jakarta -

Rencana Tesla datang dan melakukan ekspansi bisnis di Indonesia semakin dekat jadi kenyataan. Produsen mobil listrik milik Elon Musk itu bakal punya pabrik di Batang, Jawa Tengah.

Diberitakan sebelumnya, Tesla tengah menjajaki membangun salah satu pabriknya di Indonesia. Bukan perakitan mobil, melainkan untuk kebutuhan produksi baterai mobil listrik.

Tesla malah sudah menghubungi Kementrian Perindustrian Indonesia untuk membahas hal tersebut. Diskusi antara pemerintah dan Tesla kabarnya masih terus berjalan saat ini.

Dikutip dari CNBC Indonesia, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang mengonfirmasi rencana Tesla membangun pabrik di Indonesia. Tesla akan diarahkan untuk membangun pusat produksinya di Batang, Jawa Tengah.

CEO Tesla Elon Musk melanggar aturan lockdown dengan membuka kembali pabrik Tesla di Fremont, California, AS. Area parkir pabrik Tesla yang penuh dengan mobil baru.Tesla mau bangun pabrik di Jawa Tengah Foto: AP Photo/Ben Margot

Saat ini proses diskusi antara Tesla dan pemerintah masih berlangsung. "On going discussion, arahnya ke sana (Batang)," kata Agus kepada CNBC Indonesia, Senin (19/10).

Meski kendaraan listrik masih sangat minim dan regulasi yang mengaturnya yang masih banyak ditunggu, Indonesia disebut-sebut akan menjadi salah satu pemain besar dalam industri baterai kendaraan listrik.

Itu terkait dengan kekayaan alam berupa bijih nikel yang jumlahnya sangat berlimpah. Nikel adalah bahan utama pembuat baterai mobil listrik.

"Bijih nikel telah bisa diolah menjadi feronikel, stainless steel, lembaran baja, dan dikembangkan menjadi bahan utama untuk baterai lithium," kata Jokowi dalam pidatonya bulan lalu.

Kabar rencana Tesla datang dan membuka pabrik di Indonesia sudah berembus sejak beberapa pekan lalu. Saat itu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan mengklaim pernah ditelepon oleh pihak Tesla

"Saya ingin sampaikan lagi peminat investasi ke Indonesia banyak, tadi saya baru ditelepon dari Tesla di Amerika mereka juga berminat membangun (pabrik) baterai lithium di Indonesia," kata Luhut Rabu (9/9/2020).



Simak Video "Elon Musk Geser Bill Gates Sebagai Orang Terkaya Kedua di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(din/rgr)