Tertarik Beli Fortuner Bekas? Perhatikan 3 Hal Ini

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 11 Okt 2020 14:34 WIB
Facelift Toyota Fortuner dan Innova di India
Toyota Fortuner. (Istimewa)
Jakarta -

Toyota Fortuner facelift bakal diluncurkan pekan depan. Meski bakal ada model barunya, Fortuner lama tetap menarik dipertimbangkan untuk dipinang. Terlebih unit bekasnya punya harga cukup menarik, dibanderol mulai Rp 200 jutaan untuk keluaran tahun 2015. Nah, jika Anda tertarik membeli Fortuner bekas, ada baiknya menyimak tips berikut ini.

Seperti dikutip dari laman Auto2000, ada 3 hal yang perlu diperhatikan saat ingin meminang Toyota Fortuner dalam kondisi second hand (bekas). Apa saja?

1. Cek Kondisi Mesin Mobil

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kondisi mesin. Pastikan mesin dalam kondisi baik dan tidak ada kerusakan fatal. Jika mungkin, lakukanlah test-drive atau ajak teman yang paham tentang mesin mobil saat melakukan pengecekan. Cek apakah rem, kemudi, transmisi, hingga kaki-kaki mobil berfungsi normal atau tidak.

Khusus Fortuner mesin diesel, ada tiga bagian yang Anda harus dicek, yakni warna asap knalpot yang sebaiknya tidak terlalu hitam, dan jangan sampai ada tetesan oli di bawah mobil saat parkir, serta cek lubang pengisian oli mesin saat menyala.


2. Periksa Kelengkapan Dokumen

Hal yang tidak kalah penting dari kondisi mobil adalah kelengkapan dokumennya. Pastikan mobil Fortuner bekas incaran Anda dilengkapi dokumen resmi serta surat kendaraan seperti STNK dan BPKB. Periksa dan cocokkan data yang tercantum pada dokumen dengan nomor rangka serta nomor mesin. Dan hindari membeli mobil yang tidak jelas kelengkapan dokumennya.

3. Cari Penjual Terpercaya

Jika Anda tidak yakin bisa memastikan sendiri kelengkapan mobil bekas, tidak ada salahnya mencari penjual terpercaya. Jika Anda ingin membeli melalui situs jual beli online, pastikan market place tersebut memiliki rekam jejak yang baik dan pelayanan yang bagus.



Simak Video "Mantap! Road Trip Jakarta-Bali with Corolla Cross Hybrid"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)