Jumat, 09 Okt 2020 10:22 WIB

Terpopuler Kemarin

Mobil-mobil Polisi dan Aparat yang Dirusak-Dibakar Masa Demo

Tim Detikcom - detikOto
demo omnibus law di surabaya Mobil-mobil yang jadi korban aksi masa demonstrasi menolak omnibus law (Istimewa)
Jakarta -

Aksi demo menolak UU Cipta Kerja di berbagai daerah banyak yang berlanjut dengan aksi perusakan. Mobil-mobil polisi dan aparat jadi korban, ada yang dirusak dan dibakar.

UU Cipta Kerja yang baru disahkan oleh DPR di Rapat Paripurna pada Senin (5/10/2020) dapat resistensi dari banyak pihak. Tentangan terhadap UU yang dinilai konytroversial itu berujung demonstrasi di beberapa wilayah.

Di banyak kejadian, mobil-mobil milik polisi dan aparat jadi korban. Ada yang rusak, ada juga yang dibakar.

1. Sekelompok remaja rusak mobil polisi di Surabaya

Di Surabaya, sekelompok remaja kedapaten merusak mobil polisi. Peristiwanya terjadi di depan kantor Gubernur Jatim saat sejumlah remaja tiba-tiba melempari mobil polisi dengan batu kemudian merusaknya.

Dari pengamatan detikcom, Kamis (8/10/2020), saat orator aksi sedang melakukan orasi, tiba-tiba sejumlah remaja berpakaian hitam dan juga ada yang bercelana abu-abu, menyalakan petasan.

Sejurus kemudian mereka tiba-tiba melempari mobil patwal polisi dengan batu. Puas melempari, mereka memukuli mobil dengan kayu, menaiki mobil itu dan kemudian menginjak-injaknya hingga bodi mobil penyok dan kacanya retak.

Aksi demo menolak UU Omnibus Law di Surabaya berlangsung anarkis. Berikut rangkuman peristiwa yang dirangkum dalam bingkai foto.Aksi demo menolak UU Omnibus Law di Surabaya berlangsung anarkis. Berikut rangkuman peristiwa yang dirangkum dalam bingkai foto. Foto: Tim detikcom

2. Mobil pemerintah kota Malang dibakar pendemo

Masih dari Jawa Timur, tepatnya di Malang, satu mobil patwal milik Pemerintah dibakar pengunjuk rasa. Mobil berjenis Honda CRV itu sudah dalam kondisi terbalik dan hangus terbakar.

Sumber di Pemkot Malang membenarkan jika mobil yang dibakar pengunjuk rasa adalah milik Satpol PP untuk mengawal perjalanan dinas Wakil Wali Kota.

Malang - Aksi anarkis pengunjuk rasa terjadi di Kota Malang. Satu mobil patwal milik Pemerintah Kota Malang dibakar pengunjuk rasa. Mobil itu tengah diparkir di Jalan Majapahit atau sebelah barat Balai Kota Malang.Aksi demo menolak UU Omnibus Law di Surabaya berlangsung anarkis. Berikut rangkuman peristiwa yang dirangkum dalam bingkai foto. Foto: Tim detikcom

3. Minivan Polisi dirusak di Pekalongan

Demo tolak UU Cipta Kerja atau Omnibus Law di DPRD Kota Pekalongan diwarnai kericuhan. Massa menjebol gerbang kantor DPRD Kota Pekalongan dan merusak mobil polisi.

Pantauan detikcom, Kamis (8/10/2020) sekitar pukul 13.00 WIB, awalnya aksi demo yang diikuti kalangan mahasiswa dan pelajar ini berjalan damai. Namun saat massa merangsek masuk pintu gerbang DPRD Kota Pekalongan, terjadi aksi dorong-mendorong pintu gerbang.

Suasana semakin bertambah memanas saat terjadi saling melempar botol air mineral, ditambah petugas kepolisian mengeluarkan mobil water cannon dari balik pintu gerbang. Kendati disemprot air beberapa kali, tidak menyurutkan semangat massa aksi. Massa akhirnya berhasil merobohkan pintu gerbang bagian utara Setda Kota Pekalongan tersebut sembari menghujat anggota DPRD.

Massa aksi tolak Omnibus Law UU Cipta Kerja di DPRD Kota Pekalongan, Kamis (8/10/2020).Massa aksi tolak Omnibus Law UU Cipta Kerja di DPRD Kota Pekalongan, Kamis (8/10/2020). Foto: Robby Bernardi/detikcom

4. Mobil polisi digulingkan massa di Pejompongan

Aksi demo yang disertai tindakan anarkis juga terjadi Rabu (7/10/2020). Sekelompok massa membuat kericuhan di Pejompongan, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Massa mengadang dan merusak mobil tahanan milik Polres Jakarta Pusat.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan kericuhan terjadi sekitar pukul 16.30 WIB. Saat itu, sekelompok massa melakukan aksi dan melempari petugas.

Di tengah kericuhan massa itu, mobil tahanan Polres Jakarta Pusat meluncur ke lokasi. Tiba-tiba, sekelompok massa mengadang mobil tahanan tersebut. Tak hanya diadang, ternyata massa aksi juga merusak mobil tersebut.

Mobil tahanan polisi dihadang dan dirusak massa di Pejompongan.Mobil tahanan polisi dihadang dan dirusak massa di Pejompongan. Foto: Mobil tahanan polisi dihadang dan dirusak massa di Pejompongan. (Dok.Istimewa)


Simak Video "Polisi Beberkan Modus Admin Grup Medsos Perusuh Demo Omnibus Law"
[Gambas:Video 20detik]
(din/riar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com