Jumat, 11 Sep 2020 20:30 WIB

Daihatsu Belum Mau Bawa Teknologi DNGA ke Indonesia

M Luthfi Andika - detikOto
Daihatsu Tanto Custom di GIIAS 2018 Daihatsu Tanto yang dibangun dengan platform DNGA (Rachman/detik.com)
Jakarta -

DNGA jadi teknologi pengembangan baru yang dipunya Daihatsu. Meski sudah diperkenalkan dan bahkan dipakai di Jepang, DNGA belum akan masuk Indonesia dalam waktu dekat.

DNGA (Daihatsu New Global Architecture) merupakan platform terbaru pabrikan asal Jepang tersebut. Pertama diperkenalkan Juni 2017, platform ini dibangun untuk jajaran mobil masa depan Daihatsu.

Meski di Jepang platform ini sudah dipakai pada Daihatsu Tanto generasi keempat, tapi Daihatsu ternyata belum berencana membawanya ke Indonesia. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Daihatsu di Indonesia, masih memilih waktu yang tepat untuk bisa menghadirkannya ke konsumen Indonesia.

"Saat ini kita kasih gambarannya, bahwa teknologi terbaru kami DNGA Platform sudah launching di Jepang seperti Daihatsu Tanto, Daihatsu Rocky dan Daihatsu Taft. Tapi tunggu dulu kalau di Indonesia. Kei car tidak cocok untuk karakter Indonesia, untuk Daihatsu Rocky tunggu ya," ujar Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra, pada ajang Daihatsu Virtual Press Conference 'Daihatsu Sales Update & Inovasi Produk Daihatsu'.

Ditegaskan Daihatsu, kehadiran platform DNGA membuktikan sekaligus menunjukkan kesiapan mereka menyambut persaingan masa depan.

Daihatsu Rocky diperkenalkan dalam ajang Tokyo Motor Show 2019Daihatsu Rocky yang gunakan platform DNGA diperkenalkan dalam ajang Tokyo Motor Show 2019 Foto: Rangga Rahadiansyah

"Sebelum tahun 2017 pengembangan platform di Daihatsu bervariasi misalnya di Kei Car dll itu berbeda dan tidak dikembangkan secara terpadu itu sebabnya proses pengembangannya agak lama. Namun sejak 2017 Daihatsu kenalkan DNGA Platform, di mana DNGA punya konsep desain yang memungkinkan pengembangan dari Kei car ke segmen A dan B, sehingga pengembangan produk lebih cepat," kata Marketing Product Planning Div. Head PT ADM, Anjar Rosjadi.

Anjar menjelaskan dengan menggunakan teknologi terbaru platform DNGA, setiap unit Daihatsu ke depannya akan memiliki kelebihan yang mengutamakan kenyamanan setiap sudut kendaraan.

"Konsepnya DNGA 1 gram, 1 mm, 1 detik, dan 1 sen atau penguasaan hingga ke detail, maknanya ketika Daihatsu kembangkan produk DNGA Daihatsu pertimbangkan aspek hingga ke detail dari bobot harga hingga waktunya hingga bisa hasilkan kendaraan yang efisien," Anjar menambahkan.



Simak Video "Di Jepang, Kakek-Nenek Dilatih Agar Aman Berkendara"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com