Senin, 07 Sep 2020 17:10 WIB

Tertarik Ganti Mobil Hybrid? Daftar Harganya Mulai Rp 400 Jutaan

Rizki Pratama - detikOto
Memperingati Hari Bumi se-dunia, PT Toyota Astra Motor selaku pemegang merk Toyota di Indonesia meluncurkan lineup mobil hybrid terbarunya. Daftar harga mobil hybrid. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Mobil hybrid memang menjadi salah satu perantara konsumen mobil bensin mendapatkan pengalaman mobil listrik. Mobil hybrid mengandalkan sumber tenaga listrik dan bahan bakar biasa yang mana menawarkan sebagian sensasi berkendara dan efisiensi dari mobil listrik. Berapa kisaran harga mobil hybrid?

Bicara harga pun mobil hybrid memang sedikit lebih mahal dari mobil konvensional. Namun, jika dibandingkan dengan mobil yang sepenuhnya bertenaga listrik, mobil hybrid harganya jauh lebih murah.

Di Indonesia pun sudah ada beberapa pabrikan yang menawarkan mobil berbahan bakar Hybrid dengan berbagai spesifikasi. Dari semua merek itu ada yang harganya Rp 400 jutaan hingga lebih dari Rp 1 miliar. Berikut rangkuman daftar harga mobil hybrid di Indonesia terbaru.

1. Toyota Camry Hybrid

Toyota Camry Hybrid model 2019Toyota Camry Hybrid model 2019 Foto: Dadan Kuswaraharja

Toyota memasang mesin A25A-FXS dengan teknologi hybrid generasi keempat. King of Sedan ini menggunakan mesin dengan kapasitas 2.494 cc empat silinder, mirip dengan Alphard HEV tapi lebih canggih dan tanpa teknologi gerak 4 roda.

Mesin ini mampu mengantarkan tenaga 178 ps pada 5.700 rpm dan torsinya tinggi bagi seukuran sedan, yakni 22,5 kgm pada 3.500 sampai 5.200 rpm. Menggunakan teknologi terkini seperti Head up Display (HUD), Camry Hybrid merupakan model hybrid paling laris di Indonesia.

Saat ini Camry Hybrid dibanderol dengan harga Rp. 842.150.000

2. Toyota Alphard Hybrid

Mobil-mobil elektrifikasi ToyotaMobil-mobil elektrifikasi Toyota Foto: Dadan Kuswaraharja

Mesin yang digunakan ialah tipe 2AR-FXE, 4 silinder segaris, 16-valve, DOHC, VVT-i dengan kapasitas 2.494 cc. Unit ini mampu memberikan tenaga hingga 152 ps pada 5.700 rpm dan torsi 21 kgm pada 4.400 - 4.800 rpm.

Toyota Alphard HEV memiliki dua pasang motor listrik di roda depan dan belakang. Prinsip kerjanya seperti gerak 4 roda dan sangat bermanfaat ketika mobil baru melaju atau butuh tambahan daya.

Tenaga dan torsi motor listrik maksimal di roda depan sebesar 143 ps dan 27,5 kgm, dan di roda belakang sebesar 68 ps dan 14,2 kgm. Distribusi daya ini diatur sedemikian rupa agar dapat mendorong MPV bongsor ini dengan daya paling efisien.

Untuk Alphard Hybrid dilihat dari situs resmi Toyota Indonesia harganya tak dicantumkan. Calon pembeli diminta menghubungi dealer untuk mengetahui informasi harganya.

3. Toyota C-HR Hybrid

Mobil-mobil elektrifikasi Toyota di Bogor, Jawa Barat.Mobil-mobil elektrifikasi Toyota di Bogor, Jawa Barat. Foto: dok PT Toyota-Astra Motor

Toyota C-HR Hybrid memberikan pilihan baru pada penggemar kendaraan SUV berbasis crossover yang keren namun juga memiliki kepedulian pada lingkungan. C-HR Hybrid menggunakan mesin 2ZR-FXE dengan power 100 ps dikombinasi motor listrik bertenaga 36 ps. Mobil diklaim lebih efisien dibandingkan varian konvensional dan emisinya karbon dioksidanya juga lebih rendah. Toyota mengklaim konsumsi BBM C-HR hybrid bisa mencapai 19 km per liter.

Mengandalkan sasis TNGA, C-HR HEV memiliki fitur keamanan, kenyamanan, dan kenikmatan berkendara yang lengkap dan memastikan pemiliknya memperoleh pengalaman berada di balik kemudi yang mengesankan.

Toyots C-HR Hybrid dilabeli harga Rp. 546.290.000.

4. Toyota Corolla Altis Hybrid

Toyota All New Corolla Altis HybridToyota All New Corolla Altis Hybrid Foto: Pool (Toyota)

Unit dengan kode 2ZR-FXE ini berkapasitas 1.798 cc 4-silinder DOHC dengan teknologi VVT-i. Mesin ini sanggup menghasilkan daya sebesar 95 ps pada 5.200 rpm dan torsi sebesar 14,47 kgm pada 4.000 rpm. Motor listriknya mampu menghasilkan daya sebesar 72 ps dan torsi sebesar 16,62 kgm.

Hybrid Synergy Drive (HSD) milik Corolla Altis HEV telah direkayasa agar dapat menyajikan konsumsi bensin yang efisien, kontrol yang intuitif dan halus, namun tidak melupakan performa yang mendebarkan. Untuk memberikan pengemudi opsi karakter berkendara, tersedia 4 driving mode yang bisa dipilih. Terdiri atas NORMAL, ECO, SPORT, dan EV mode. Pilihan mode berkendara tersebut juga tersedia di seluruh model HEV Toyota.

All New Corolla Altis HEV juga merupakan model pertama Toyota di Indonesia dengan fitur-fitur keselamatan yang lengkap dan canggih dari Toyota Safety Sense (TSS) yaitu Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA), serta Automatic High Beam (AHB). Mobil dengan TSS ini bisa mengerem otomatis atau berakselerasi otomatis, asyik jika dikendarai di jalan tol.

Toyota Corolla Altis dapat dipinang dengan merogoh kocek sebesar Rp Rp. 586.250.000.

5. Toyota Corolla Cross Hybrid

Toyota Corolla CrossToyota Corolla Cross Foto: Muhammad Zaky Fauzi Azhar

Versi Crossover dari Corolla Altis ini merupakan barang baru di Indonesia. Harganya pun paling murah dari semua jajaran mobil Hybrid Toyota, tapi sebelumnya mari lihat dulu apa saja yang ia tawarkan.

Corolla Cross Hybrid memiliki mesin dengan kode 2ZR-FXE berkapasitas 1.798 cc 4-silinder DOHC berteknologi VVT-i yang sanggup menghasilkan power maksimum sebesar 98 PS dan torsi 14,5 Kgm. Motor listriknya mampu menghasilkan power maksimum sebesar 72 PS dan torsi sebesar 16,6 Kgm.

All New Corolla Cross dilengkapi dengan paket fitur keamanan pasif dan aktif terbaru yang siap memberikan rasa tenang pada penumpang. Mulai dari rem ABS+EBD, 3 point seatbelt with pretensioner and force limiter, 7-airbags, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), sensor parkir di depan dan belakang, kamera parkir di belakang, serta ditambah immobilizer dan alarm.

Seperti yang disebutkan di atas, ini adalah Hybrid termurah Toyota yang dapat dibeli saat ini. Toyota Corolla Cross Hybrid bisa pindah dari dealer ke garasi anda dengan membayar Rp. 497.800.000.

6. Mitsubishi Outlander PHEV

Test drive Mitsubishi Outlander PHEV di Merseille, PrancisTest drive Mitsubishi Outlander PHEV di Merseille, Prancis Foto: M Luthfi Andika

Ini adalah model bertenaga listrik pertama dari pabrikan berlogo Tiga Berlian yang dimasukkan ke Indonesia. Meski begitu, jenis hybridnya lebih tinggi karena mobil bisa dicas seperti mobil listrik biasa. Bisa dikatakan ada dua mobil berbeda yang ada di dalam tubuh Outlander PHEV karena masing-masing penggerak memiliki kekuatan yang mumpuni.

Mitsubishi Outlander PHEV mengusung mesin bensin 2.4 liter. Mesin itu dikombinasi dengan motor listrik yang punya tenaga 60 kW di roda depan dan 70 kW pada roda belakang. Soal tenaga, mesin konvensional bisa memuntahkan tenaga maksimal 132,8 dk dengan torsi 211 Nm.

Outlander PHEV dikatakan menjadi salah satu mobil plug-in hybrid yang unik, sebab memiliki tiga mode berkendara, yakni mode EV, mode HEV, dan juga mode Parallel Hybrid.

Dikutip dari situs resmi Mitsubishi Indonesia Outlander PHEV dilabeli Rp 1.304.000.000.

7. Nissan Kicks

Review Nissan Kicks E-PowerReview Nissan Kicks E-Power Foto: Rizki Pratama

Nissan Kicks merupakan sebuah konfigurasi hybrid yang unik. Mobil bergaya Crossover ini menggunakan mesin hanya sebagai penghasil energi ke baterai listrik. Dari baterai, tenaga dikirimkan ke penggerak motor listrik yang ada di roda.

Mesin konvensional yang jadi penggerak itu adalah mesin tiga siliner 1.200 cc. Sementara itu penggerak motornya EM57 tipe AC3. Konfigurasi ini cukup untuk menghasilkan tenaga 129 ps dan torsi 260 nm.

Harga Nissan Kicks adalah Rp 449.000.000 dan bisa dibilang termurah dari daftar ini.

8. Mercedes-Benz E 300 e AMG Line

Test drive Mercedes-Benz E 350 EQ Boost di Kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (7/2/2019).Test drive Mercedes-Benz E 350 EQ Boost di Kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (7/2/2019). Foto: Luthfi Anshori

Mobil ini menggendong mesin bensin 2.0 liter turbocharged yang mampu menyemburkan 122hp dan torsi 440nm. Mesin dari mobil ini mengkonsumsi bahan bakar 1,8 liter setiap 100km. Mengenai kemampuannya, mobil ini mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 5,7 detik dengan kecepatan maksimum 250 km/jam.

Sementara itu, motor listrik pendampingnya memiliki kemampuan jelajah sejauh 49km dari mode full electric yang dihasilkan oleh baterai 13,5kWh. Untuk mengisi kembali dayanya, baterai ini dapat terisi dari 10-100 persen dalam waktu kurang dari dua jam menggunakan charger 7,4kw. Jika diisi menggunakan soket rumah yang didapat gratis saat membelinya dapat terisi penuh dalam waktu 6 jam.

Berada di segmen mobil hybrid mewah, Mercedes-Benz E 300 e AMG Line boleh dimiliki apabila sanggup membayar Rp 1.920.000.000.

9. BMW i8 Roadster

BMW i8 Roadster, mobil listrik atap terbuka yang pakai pintu kupu-kupuBMW i8 Roadster, mobil listrik atap terbuka yang pakai pintu kupu-kupu Foto: Dadan Kuswaraharja

Model satu ini bukan mobil hybrid sembarangan sih. BMW i8 Raodster merupakan supercar hybrid pertama Indonesia dan menawarkan performa yang buas.

BMW i8 Rodaster menggunakan baterai berkapasitas 34 Ah dengan energu 11.6 kWh. Konfigurasi sel baterai tingkatkan 9 kW/12 hp pada output puncak menjadi 105 kW/143 hp, sehingga memungkinkan akselerasi yang dinamis saat menggunakan tenaga listrik murni.

Dan ini menjadikan BMW i8 Roadster menjadi yang pertama dapat digerakkan dengan listrik murni-dari posisi diam hingga kecepatan 105 km/jam. Mesin pembakaran hanya akan digunakan pada kecepatan tinggi. Dengan menekan tombol eDrive memungkinkan kendaraan berakselerasi hingga 120 km/jam dengan listrik murni, dan jarak tempuh hingga 53 km.

Penggerak konvensionalnya adalah mesin bensin 3-silinder BMW TwinPower Turbo mampu hasilkan output maksimum 231 hp dengan kapasitas mesin 1.5 liter dan torsi puncak 320 Nm. Mobil ini masuk di Indonesia dua tahun lalu dengan harga Rp 3,9 miliar. Dilihat di beberapa situ jaringan penjualan mobil di Indonesia tak ada yang mencantumkan model ini di daftar harganya.



Simak Video "Mobil Listrik Termurah! Fiturnya Sangat Memuaskan "
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com