Momen Menegangkan Mobil Militer AS dan Rusia Saling Gasak di Suriah

Rizki Pratama - detikOto
Sabtu, 29 Agu 2020 17:54 WIB
Mereka saling gasak di Suriah
Mobil militer Rusia dan AS saling gasak di Suriah. Foto: Youtube: Military Times
Jakarta -

Empat anggota militer AS terluka setelah terjadi insiden dengan pasukan Rusia di timur laut Suriah. Sebuah video rekaman kejadian menunjukkan momen menegangkan ketika mobil-mobil militer kedua negara saling bergesekan di kawasan tersebut.

Melalui keterangan yang sangat sedikit, sulit menentukan apa pemicu dari perselisihan tersebut. Pastinya dalam video yang diunggah akun Youtube Military Times itu menampilkan kendaraan militer AS dan Rusia saling bersenggolan saat helikopter Rusia terbang rendah di atasnya.

Salah satu video dari sudut pandang lain yang tersebar di Twitter menunjukkan M-ATV dan MaxxPro MRAP Amerika Serikat disusul oleh kendaraan Typhoon-K, Tigr, Tigr-M SpN, Ural-4320, dan BTR-82A milik Rusia. Kendaraan-kendaraan tersebut terlihat jelas saling bertabrakan saat melewati daerah yang gersang tersebut.

Menurut Politico, empat tentara AS didiagnosis mengalami gegar otak ringan setelah pertikaian tersebut. Tidak ada kabar ada korban jiwa dalam insiden itu.

Dalam pernyataan yang membahas insiden itu, juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS, John Ullyot menyalahkan pasukan Rusia.

"Tindakan tidak aman dan tidak profesional seperti ini merupakan pelanggaran protokol de-konflik, yang dilakukan oleh Amerika Serikat dan Rusia pada Desember 2019," katanya.

"Koalisi dan Amerika Serikat tidak mencari eskalasi dengan kekuatan militer nasional mana pun, tetapi pasukan AS selalu mempertahankan hak dan kewajiban yang melekat untuk membela diri dari tindakan permusuhan," lanjutnya.

Pasukan Rusia dan AS telah beroperasi berdekatan satu sama lain selama perang saudara Suriah yang telah berlangsung lama. Pejabat AS menegaskan bahwa pasukan Rusia telah melanggar batas wilayah yang dikendalikan pasukan AS di Suriah timur selama beberapa bulan terakhir dalam upaya untuk menekan militer AS keluar dari wilayah tersebut.

Beberapa bulan lalu insiden serupa juga pernah terjadi. Kalai itu kendaraan militer AS menabrak kendaraan militer Rusia hingga keluar dari jalan.

[Gambas:Youtube]





Simak Video "Perang Suriah Ancam Masa Depan Anak-anak"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)