Jumat, 14 Agu 2020 17:10 WIB

Pembelian Mobil Online Melonjak Drastis

Rizki Pratama - detikOto
beli mobil Pembeli mobil online Indonesia meningkat. Foto: shutterstock
Jakarta -

Kebiasaan orang membeli mobil di normalitas baru adalah lewat platform digital. Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Google Indonesia, transaksi pembelian mobil lewat internet mengalami peningkatan pesat.

Survey ini dilakukan Google secara online kepada 1.000 responden dengan usia 18-44 tahun. Survey ini mempertanyakan bagaimana minat masyarakat dalam membeli mobil di saat ini.

"Bentuknya adalah online survey kepada pengguna Google secara online kita kumpulkan seribu responden secara demografi berasal dari 18-44 tahun 60 persen male 40 persen female. mayoritas berada di Pulau Jawa," kata Industry Manager Google Indonesia, Yudhistira Adi Nugroho dalam konferensi pers virtual IOOF pada Jumat (14/8/2020).

Data menunjukkan pada tahun 2019 pembelian mobil secara online hanya berkontribusi sebesar 4% dari total. Sementara itu di tahun 2020 per Juli pembelian mobil online sudah mencapai 43%.

Uniknya lagi dalam data yang dibagikan pada kesempatan itu, 71% pembelian lebih banyak dilakukan lewat situs resmi. Sementara itu 22% pembelian mobil dilakukan lewat e-commerce.

"Tahun ini penjualan mobil secara online telah meningkat drastis sekali. Konsumen cenderung lebih memilih situs resmi APM sebagai tempat pembelian karena lebih terpercaya saat kami tanyai melalui survey," terang Adi.

Data lain dalam survey juga menyebutkan bahwa kondisi pandemi ini juga merubah pola transportasi. Sebanyak 52% cenderung memilih kendaraan pribadi berupa sepeda motor untuk mobilitas dan 43% menggunakan mobil pribadi.

"Private motorcycle 52 persen, mereka lebih prefer menggunakan kendaraan pribadi sebagai kebutuhan atau preferensi untuk transportasi," ungkap Adi.



Simak Video "Google Translate Kembangkan Penerjemah Bahasa Isyarat"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com