Kamis, 30 Jul 2020 18:14 WIB

Jual-Beli Mobil Bekas Meningkat Saat PSBB Transisi, Ini Penyebabnya

Yudistira Imandiar - detikOto
beli mobil Foto: shutterstock
Jakarta -

Segmen pasar mobil bekas diprediksi bakal kembali bergairah di masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi pandemi COVID-19. CEO OLX Autos Johnny Widodo mengatakan, ada tiga faktor utama yang menjadi pemicu kebangkitan pasar mobil bekas.

Johnny menjelaskan, faktor pertama yang mendorong bangkitnya pasar mobil bekas, yakni kecenderungan konsumen menunda pembelian mobil saat pandemi, bukan membatalkan rencana tersebut. Setelah kondisi berangsur normal konsumen diperkirakan bakal membeli mobil baru maupun bekas.

"Kedua karena faktor safety banyak orang yang tadinya juga naik kendaraan taksi online sekarang malah berpikir untuk (membeli) mobil pribadi. Ketiga di masa yang tidak menentu ini banyak orang yang memilih menjaga cashflow dia, tadinya mau beli mobil baru dia memilih mobil bekas supaya dia bisa ada spare di cashflow," terang Johnny dalam perbincangan dengan media secara virtual, Kamis (30/7/2020).

Diungkapkan Johnny, di masa PSBB transisi, volume pembelian mobil bekas sudah meningkat signifikan dibandingkan saat pemberlakukan PSBB beberapa bulan silam. Ia memaparkan, volume transaksi jual-beli mobil bekas di OLX dan OLX Autos di PSBB transisi sudah mendekati angka transaksi sebelum pandemi COVID-19.

"Animo masyarakat untuk bisa menjual dan membeli kalau kita lihat dari sisi marketplace-nya itu kita sudah sangat dekat untuk kembali ke pre-COVID level. Jadi kalau kita lihat itu (kenaikan transaksi) sebetulnya sudah di kisaran 80-90 persen," tutur Johnny.

Sebagai salah satu pelaku industri di segmen mobil bekas, Johnny mengatakan di masa pandemi OLX AUTOS berupaya memberikan rasa aman kepada konsumen saat bertransaksi. Hal itu diwujudkan lewat penerapan protokol kesehatan secara ketat dalam operasional layanan di tujuh cabang OLX Autos.

"Yang pasti staff kita diperiksa, kita punya tempat (disemprot) disinfektan, kita juga menyediakan semua protokol kesehatan yang ada. Kita memastikan konsumen datang ke tempat kita merasa aman dan selamat," sambung Johnny.

Merespons kondisi pembatasan sosial dan untuk mengindahkan protokol kesehatan, OLX AUTOS juga menyediakan layanan home inspection bagi konsumen yang hendak menjual mobil. Konsumen dapat menjadwalkan waktu inspeksi oleh tim OLX AUTOS di rumah.

"Saat ini home inspection bisa dilakukan di tujuh kota yang sudah ada (layanan OLX AUTOS)," tuntas Johnny.



Simak Video "Gokil! Mobil Bekas Dimodifikasi Jadi Musala"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com