Minggu, 02 Agu 2020 10:31 WIB

Ganjil Genap Berlaku Besok, Transjakarta Kerahkan 155 Armada Tambahan

Tim detikcom - detikOto
Demo buruh di kawasan Istana Negara membuat lalu lintas di area itu ditutup sementara. Penutupan itu membuat bus TransJakarta menumpuk di Halte Hayam Wuruk. Transjakarta menambah armada saat ganjil genap diberlakukan lagi besok. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Setelah ditiadakan sementara selama masa pandemi COVID-19, ganjil genap akan diberlakukan kembali mulai besok, Senin (3/8/2020). Untuk mendukung pembatasan kendaraan pribadi itu, transportasi umum seperti Transjakarta menambah jumlah armadanya.

Dalam siaran persnya disebutkan, Transjakarta akan menambah armada pada ruas koridor yang terimbas dengan kebijakan tersebut. Penambahan sebesar 25% atau 155 unit armada ini mulai disterilisasi dan disiapkan secara teknis untuk diluncurkan besok.

"Penambahan ini dilakukan untuk antisipasi lonjakan pelanggan pada waktu tersebut dengan tetap memastikan terjaganya kapasitas maksimum sesuai protokol pencegahan COVID19 yaitu 50% dari kapasitas angkut dan mempercepat pengosongan halte pada jam-jam di mana sistem gage (ganjil genap) diterapkan yaitu pagi mulai pukul 06.00-10.00 WIB dan sore hari mulai pukul 16.00 - 21.00 WIB," tulis Transjakarta dalam siaran persnya.

Keseluruhan armada tambahan bus Transjakarta akan disebar di 10 koridor yang bersinggungan dengan 25 ruas jalan yang terkena imbas kebijakan gage. Sepuluh koridor Bus Rapid Transit (BRT) Transjakarta yang bersinggungan dengan gage dan penambahan armada sebanyak 25% difokuskan di dalam koridor koridor:

KORIDOR 1 BLOK M - KOTA,
KORIDOR 2 PULO GADUNG 1 - HARMONI,
KORIDOR 3 KALIDERES - PASAR BARU,
KORIDOR 4 PULO GADUNG 2 - DUKUH ATAS 2,
KORIDOR 5 KAMPUNG MELAYU - ANCOL,
KORIDOR 6 RAGUNAN - DUKUH ATAS 2,
KORIDOR 7 KAMPUNG RAMBUTAN - KAMPUNG MELAYU,
KORIDOR 8 LEBAK BULUS - HARMONI,
KORIDOR 9 PINANG RANTI - PLUIT,
KORIDOR 10 PGC 2 - TANJUNG PRIOK.

Sehingga total armada beroperasi di 13 koridor pada masa gage akan mencapai 871 unit. Ke-871 unit armada Transjakarta itu siap dioperasikan besok.

Transjakarta juga melakukan pengoperasian kembali tiga rute non koridor mulai tanggal 1 Agustus 2020 yang sebelumnya ditiadakan selama masa pandemi yaitu:
L2 PULO GADUNG - HARMONI VIA PRAMUKA
10D KAMPUNG RAMBUTAN - TANJUNG PRIOK
2F RUSUN CAKUNG BARAT - PULO GADUNG
3A RUSUN PESAKIH - KALIDERES
11B RUSUN RAWA BEBEK - PENGGILINGAN
11C RUSUN PINUS ELOK - RUSUN PULO GEBANG
11K RUSUN KOMARUDIN - PENGGILINGAN.



Simak Video "Ganjil Genap di Jakarta Akan Berlaku untuk Motor? Ini Kata Dishub"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com