Kamis, 30 Jul 2020 16:26 WIB

H-2 Idul Adha Sudah 500-an Orang Balik Kampung Naik Bus AKAP

M Luthfi Andika - detikOto
Terminal Kota Bekasi kembali beroperasi melayani perjalanan bus antarkota antarprovinsi (AKAP). Seperti yang terlihat di Terminal Kota Bekasi, semua penumpang yang naik bus ke luar kota tersebut harus menerapkan protokol kesehatan. Ilustrasi penumpang bus AKAP Foto: Rengga Sancaya/detik.com
Jakarta -

Perayaan Idul Adha yang sudah di depan mata jadi satu momen sebagian masyarakat untuk bisa pulang kampung. Hal ini terjawab dari meningkatnya pengguna jasa bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang semenjak kemarin Rabu (29/7/2020) mengalami peningkatan.

Bahkan untuk satu PO Bus seperti Sumber Alam mencatat 500'an penumpang sudah diantar ke kampung halaman masing-masing. Seperti yang disampaikan Owner PO Bus Sumber Alam Anthony Steven kepada detik.com.

"Sejak kemarin sudah ada peningkatan penumpang, arus sudah mulai bergerak. Sudah ada sekitar 500 orang dan hari ini bisa lebih tinggi," kata Anthony.

Anthony memprediksi hari ini pelonjakan penumpang bisa bertambah hingga 700 orang atau penumpang. "Yah hari ini semoga bisa 700 orang atau penumpang (yang hendak pulang kampung). Ya kita syukuri (adanya peningkatan penumpang bus)," Anthony menambahkan.

Meski demikian Anthony mengakui peningkatan penumpang Idul Adha tahun ini terbilang masih kecil dibandingkan dengan Idul Adha tahun lalu.

Terminal Kota Bekasi kembali beroperasi melayani perjalanan bus antarkota antarprovinsi (AKAP). Seperti yang terlihat di Terminal Kota Bekasi, semua penumpang yang naik bus ke luar kota tersebut harus menerapkan protokol kesehatan.Terminal Kota Bekasi kembali beroperasi melayani perjalanan bus antarkota antarprovinsi (AKAP). Seperti yang terlihat di Terminal Kota Bekasi, semua penumpang yang naik bus ke luar kota tersebut harus menerapkan protokol kesehatan. Foto: Rengga Sancaya

"Angka ini masih di bawah hari normal kami dulu, jadi ya pasti jauh kalau dibandingkan sama liburan Idul Adha tahun lalu. Idul Adha tahun lalu dua kali lipatnya jika dibandingkan tahun ini," ucap Anthony.

Dalam pemberitaan sebelumnya, Anthony juga mengatakan jika pada Idul Adha tahun ini ada pelonjakan penumpang pada bus AKAP (antar kota Antar Provinsi). Para pengusaha bus telah siap mengawalnya, salah satunya PO Bus Sumber Alam.

"Bagaimana kesiapan kami? Wah, ya siap banget. Lah kita saat ini jalan baru 25% (dari kapasitas bus Sumber Alam, berarti sampai empat kali lipat lonjakan kami siap," kata Anthony.

Terakhir Anthony juga mengatakan akan tetap menjalankan protokol kesehatan demi menekan penularan virus Corona. "Tapi kami ikuti protokol kesehatan dan hanya mengisi kapasitas maksimal 70 persen. Ini dikarenakan per kasusnya naik, kami tidak mau nanti malah merah lagi angkanya," kata Anthony.

"Kalau soal penumpang, mulai besok kayanya (ada peningkatan penumpang bus yang hendak keluar kota). Hari ini masih normal (belum ada peningkatan penumpang pada bus)," kata Anthony.



Simak Video "Bahagianya Rara LIDA Bisa Berkurban Pertama Kali saat Idul Adha"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com