Kamis, 30 Jul 2020 09:43 WIB

Guys, Ini Alasan Motor Tidak Disarankan untuk Bawa Kambing

M Luthfi Andika - detikOto
Ada-ada saja aktivitas para pengendara yang melintas di jalan. Mulai dari pengendara motor yang membawa kambing hingga mobil dengan muatan berlebih. Motor bawa kambing Foto: Rachman Haryanto/detik.com
Jakarta -

Fenomena unik motor yang tidak lagi membawa penumpang melainkan membawa kambing selalu terjadi pada saat Idul Adha. DetikOto ingatkan kembali nih detikers, untuk tidak melakukan hal tersebut karena sangat berbahaya.

Hal itu juga disampaikan Instruktur dan Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu. Ada alasan mengapa sepeda motor sangat tidak direkomendasikan untuk membawa hewan kurban seperti kambing.

"Kenapa motor tidak direkomendasikan untuk menjadi angkutan barang atau massal atau membawa hewan kurban, dan hanya sebagai kendaraan pribadi dengan hanya satu penumpang. Karena motor tidak mengenal kata stabil dan hanya ada keseimbangan," kata Jusri.

Tidak hanya dengan mobil, pengiriman kambing kurban juga dilakukan dengan motor dan bajaj. Yuk lihat.Tidak hanya dengan mobil, pengiriman kambing kurban juga dilakukan dengan motor dan bajaj. Yuk lihat. Foto: Ari Saputra

"Jika ada kecelakaan motor ini sangat rentan atau tubuh pengemudi dan penumpang akan langsung mengalami luka. Karena motor hanya memiliki keseimbangan tidak stabil sangat rapuh dengan keselamatan. Oleh sebab itu kita sebagai pengemudi membawa barang atau orang itu harus menyatu dengan segala pergerakan akibat respon dinamika, saat barang atau orang tidak bisa menyatu dengan pengemudi itu berbahaya," Jusri menambahkan.

Sedangkan jika membawa hewan hidup, lanjut Jusri, hewan tidak memiliki akal dan sangat memungkinkan untuk bergerak sehendaknya sendiri sehingga berpotensi menjadi penyebab kecelakaan.

"Jika bawa binatang, dia tidak bisa merespon dengan pengemudi, bagaimana hewan kurban ini bergerak? Itu bisa membahayakan, karena hewan ini bukan seperti tas atau benda mati. Hewan bisa meronta dan menyebabkan kecelakaan. Karena dia tidak bisa menyatu dengan pengemudi," tutup Jusri.



Simak Video "Bahagianya Rara LIDA Bisa Berkurban Pertama Kali saat Idul Adha"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com