Senin, 27 Jul 2020 21:22 WIB

Parodi Start MotoGP ala Driver Ojol di Gunung Kidul

Rizki Pratama - detikOto
Balapan Ojol di Garis Berhenti Ala MotoGP Ojol balapan ala MotoGP. Foto: Instagram: @newdramaojol.id
Jakarta -

Setelah di Tuban, Jawa Timur menerapkan jaga jarak di lampu merah ala garis start balapan, Kota lain mengikuti. Terakhir di Kabupaten Bantul dan Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Di Gunung Kidul, garis start ala MotoGP untuk jaga jarak ini dimanfaatkan oleh ojek online menunggu lampu merah layaknya pebalap profesional ngebut di garis start. Terlihat di dua baris pertama lampu merah ada 7 pengendara Ojol yang menggunakan jaket aplikatornya. Di belakang ada pengendara motor dan mobil lainnya.

Serunya video yang diunggah akun Instagram @newdramaojol.id ini juga dilengkapi suntingan suara dari komentator MotoGP. Meski tampak siap untuk balapan, ketika lampu berubah hijau para ojol tetap melaju dengan kecepatan normal tanpa membahayakan satu sama lainnya.

"Team ojol gojek dan grab selalu berseteru," komentar akun Instagram @harrywidiatno15.

"Ojol racing team lg latihan ini mah," timpal akun @alief_1717.

Belum ada keterangan resmi dari Kabupaten Gunung Kidul terkait penerapan garis ini. Bisa jadi memang bertujuan sama dengan Kabupaten Bantul yang kebetulan berdekatan tersebut.

Sebelumnya di Bantul, penerapan garis ini dilakukan untuk tujuan menjaga jarak. Kepala Dishub Bantul, Aris Suharyanta menjelaskan, pembuatan garis marka menyerupai titik start itu adalah inisiatif Bupati Bantul, Suharsono. Selain itu, keberadaan marka tersebut juga sebagai tindak lanjut dari keluarnya Peraturan Bupati (Perbub) Nomor 79 Tahun 2020 tentang adaptasi kebiasaan baru protokol kesehatan dan pencegahan COVID-19.

"Jadi ada masukan dari Pak Bupati, terus kami buat marka itu agar pengendara motor tetap mematuhi protokol kesehatan meski sedang ada di jalan raya," katanya saat dihubungi wartawan, Jumat (24/7/2020).

Pembuatan marka tersebut, kata Aris baru menyasar di beberapa titik. Menurutnya pembuatan marka itu akan menyasar berbagai titik secara bertahap. Bahkan pihaknya akan membuat jalur lintasan khusus untuk pesepeda di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Cegah Driver Berkerumun, Gojek Gunakan Teknologi Geofencing"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com