Rabu, 15 Jul 2020 16:56 WIB

Mercedes-Benz Luncurkan Super Sedan AMG GT Versi Black Series

Rizki Pratama - detikOto
Mercedes-Benz AMG GT Black Series Mercedes-Benz AMG GT Black Series. (Carscoop)
Jakarta -

Mercedes-Benz akhirnya meluncurkan mobil sedan super AMG GT Black Series setelah sekian lama menggoda dengan bocoran-bocoran tipisnya. Sebelum meluncur, mobil ini diiming-imingi memiliki tenaga sebesar 720 hp.

Langsung saja, di bawah kap ada mesin V8 4.0 l twin-turbocharged yang memompa 720 tenaga kuda tadi ke penggerak roda belakang. Mesin V8 4.0 ini adalah mesin baru flat crank shaft dengan sebutan M178 LS2.

Selain itu, mesin telah dilengkapi dengan camshafts baru, sistem pembuangan yang berbeda, dan sistem pelumasan kering. Mesin ini juga memiliki tatanan pembakaran baru, roda kompresor turbocharger yang lebih besar, dan suara yang gahar.

Mercedes-Benz AMG GT Black SeriesMercedes-Benz AMG GT Black Series Foto: Carscoop

Mesin terhubung ke transmisi kopling ganda tujuh percepatan yang telah diperkuat untuk mengatasi torsi tambahan. Pengaturan ini memungkinkan model penggerak roda belakang untuk meluncur 0-100 kpj dalam 3,2 detik dan 0-200 kpj dalam waktu kurang dari 9 detik. Jika pengemudi tetap menginjak pedal, mobil pada akhirnya akan mencapai kecepatan tertinggi di angka 325 kpj.

Seperti AMG GT R, model ini memiliki suspensi coil-over dan sistem peredam adaptif. Mobil ini juga dilengkapi dengan bar anti-roll dan camber yang dapat disesuaikan.

Pada rangkanya, desainer Mercedes-Benz memasangkan panel geser serat karbon, integral carrier ringan, dan tunnel cross berbahan serat karbon untuk menguatkan bodi. Model ini juga memiliki sistem pengereman keramik dengan bantalan motorsport dan cakram yang dioptimalkan untuk stabilitas suhu."

Di bagian wajahnya, Black Series terinspirasi dari mobil balap GT3 dan GT4. Hasilnya, model ini mengadopsi fasia depan agresif dengan grille yang lebih besar, splitter yang dapat disesuaikan, dan canard serat karbon.

Desainer juga memasang kap serat karbon baru yang dilengkapi dengan ventilasi udara besar. Atap, skirt, dan bumper belakang juga dibuat menggunakan serat karbon bersama dengan sayap belakang yang dapat disesuaikan.

Mercedes-Benz AMG GT Black SeriesMercedes-Benz AMG GT Black Series Foto: Carscoop

Fitur penting lainnya termasuk sistem empat knalpot sport yang dipisahkan oleh diffuser lebar. Model ini juga memiliki kaca depan dan belakang yang lebih tipis serta roda 10-spoke dengan finishing hitam matte. Pelek depan berukuran 19 inci dan belakang 20 inci yang dibungkus ban Michelin Pilot Sport Cup 2.

Penggunaan bahan serat karbon ini menyebabkan AMG GT Black Series 400 kg downdforce pada kecepatan 250 kpj. Untuk bobot mobilnya sendiri sayangnya tak diungkapkan oleh Mercedes-Benz.

Model ini telah dilengkapi dengan jok sport serat karbon yang dibungkus kulit Nappa dan microfiber. Di sisi lain, ada jahitan kontras berwarna oranye dan trim serat karbon matte hitam. Sorotan lain termasuk roda kemudi sport microfiber.

Fitur interior yang paling menarik adalah tombol kecil yang dikenal sebagai AMG Traction Control. Ini menawarkan sembilan level gandar belakang. Ada opsi tambahan berupa empat titik harness, pemadam api dan roll-cage titanium ringan. Sayangnya, paket ini hanya akan tersedia di pasar tertentu. Untuk harganya sampai saat ini belum diumumkan.



Simak Video "The New GLS, SUV Mercedes Setingkat S-Class"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com