Minggu, 12 Jul 2020 18:09 WIB

Mobil Dinas RI 2 Isi Bensin Pakai Jeriken, Seberapa Boros Bahan Bakarnya?

Tim detikcom - detikOto
Video viral mobil RI 2 isi BBM di pinggir jalan pakai jeriken Foto: Video viral mobil RI 2 isi BBM di pinggir jalan pakai jeriken (ist)
Jakarta -

Mobil dinas RI 2 Wapres Ma'ruf Amin menjadi sorotan lantaran melakukan pengisian bensin menggunakan jeriken. Diketahui mobil yang digunakan Ma'ruf Amin adalah Mercedes-Benz S600 Guard. Dalam penjelasannya, pihak Istana mengatakan pengisian itu dilakukan bukan karena mobil kehabisan bensin. Melainkan karena di sekitar lokasi kunjungan kerja tidak ada SPBU yang menjajakan BBM dengan oktan yang direkomendasikan.

Bicara soal penggunaan bahan bakar, berapa konsumsi rata-rata sedan mewah Mercedes-Benz S600 Guard? Pihak Mercedes memang tidak pernah merilis data tersebut. Namun jika mengacu pada riset yang dilakukan Automotive Research Association of India (ARAI), konsumsi bahan bakar Mercedes-Benz S600 Guard ada di angka rata-rata 7,08 km/liter.

Kapasitas tangki bahan bakar Mercedes-Benz S600 Guard mencapai 80 liter, dengan jenis bahan bakar yang direkomendasikan yakni beroktan 95 (setara Pertamax Plus). Sebagai kendaraan yang sering jadi pilihan banyak pejabat negara, Mercedes-Benz S600 Guard dibekali mesin 5.980 cc V12, DOHC, dengan tenaga maksimum 517 dk pada 5.000 rpm. Top speed mobil ini diklaim bisa mencapai 250 km/jam.

Dalam pemberitaan sebelumnya, Kepala Sekretariat Wakil Mohammad Oemar membenarkan bahwa video mobil dinas cadangan wapres diisi pakai jeriken yang beredar itu saat kunjungan kerja ke Sukabumi, Jawa Barat pada 8 Juli.

Ia mengatakan pengisian bensin dengan jeriken karena tidak ada SPBU dengan BBM beroktan tinggi. Seperti diketahui mobil tersebut cocok untuk RON 95 seperti rekomendasi mobil Mercedes-Benz lain yang dijual di Indonesia.

"Pengisian BBM dari jeriken dilakukan karena tidak adanya SPBU yang memiliki bahan bakar minyak (BBM) sesuai kriteria mobil VVIP dan bukan karena mobil tersebut kehabisan BBM," kata Oemar dalam keterangan resmi, Sabtu (11/7/2020).



Simak Video "KPK soal Mobil Dinas Pimpinan: Tunjangan Transportasi Akan Dihapus"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/riar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com