Sabtu, 11 Jul 2020 16:59 WIB

Yamaha Bikin Sepeda Juga Nih, Harganya Lebih Mahal dari Nmax

Ridwan Arifin - detikOto
Yamaha Civante Sepeda listrik Yamaha Civante Foto: Yamaha Bicycle
Jakarta -

Yamaha sudah masyhur soal produksi alat musik dan sepeda motor, tapi pabrikan berlambang garputala ini juga memproduksi motor dan e-bike sejak 1993 lho. Nah, Yamaha baru saja meluncurkan sepeda listrik atau e-bike dengan nama Civante.

E-bike atau sepeda listrik memiliki sistem bantuan kayuh yang ditenagai baterai untuk penggeraknya. Bahkan sistem motor juga mampu memberikan dorongan tenaga ketika sedang menanjak.

Dicuplik dari electrek, Sabtu (11/7/2020) Yamaha Civante ini dibekali motor Yamaha PWSeries SE, dengan penggerak ini bisa membaca torsi, kecepatan, dan irama gowes. Dengan triple sensor tersebut diklaim bisa membuat genjotan pedal yang lebih halus. Pun torsi dan daya dihasilkan dalam waktu yang tepat sesuai kebutuhan pengendara.

"Civante akan memperkenalkan kelompok pengendara baru ke kualitas, kenyamanan, dan kinerja legendaris Yamaha serta meningkatkan dan mendiversifikasi pilihan ritel kami," ujar Manager dan Marketing Yamaha's Power Assist Bicycle group Drew Engelman.

Di atas kertas, sepeda listrik ini bisa menghembuskan torsi 70 Nm dan mendukung irama pedal hingga 110 rpm. Motornya juga dirancang untuk memberikan dorongan hingga 28 mph (45 km/jam).

Yamaha CivanteMotor sepeda Yamaha Civante Foto: Yamaha Bicycle

Lebih lanjut, dorongan juga bakal berhenti secara otomatis jika pengendara berhenti gowes, atau mencapai kecepatan tertinggi.

Yamaha Civante dibekali baterai 500 Wh -dua kali lebih besar dari kapasisas e-road bikes lainnya-, baterai dapat diisi dari 0-80 persen hanya dalam waktu satu jam.

Dari tampangnya sudah punya ciri khas ala road bike, yakni handlebar yang dilengkapi dengan dropbar. Meski banyak kabel, frame dan fork-nya yang terbuat dari alumunium ini dibuat bersih.

Yamaha CivanteYamaha Civante Foto: Yamaha Bicycle

Secara spesifikasi Yamaha Civante menggunakan drivetrain 10 kecepatan, rantai ganda, rem cakram hidraulik, dan shifter Shimano STI.

Tak hanya itu saja, e-bikes Yamaha selalu dilengkapi tampilan multi-fungsi LCD yang bisa melihat informasi seperti mode pedal assist, informasi baterai, kecepatan, odometer, jam, stopwatch, dan lainnya.

Sayangnya Yamaha Civante baru dipasarkan di Amerika Serikat. Sedangkan harganya dibanderol US$ 3.399 atau sekitar Rp 48,9 juta (kurs 1 dollar = Rp 14.398). Tertarik meminangnya detikers?

Bila dibandingkan dengan produk sepeda motor Yamaha, harga sepeda ini jauh lebih mahal.

Harga terendah kompetitor Honda PCX itu dibanderol Rp 28.545.000 untuk model standar tahun 2019 non Anti-lock Brake System (ABS). Sementara varian termahal adalah All New Nmax 155 Connected/ABS yang berharga Rp 33.750.000.



Simak Video "Duel Motor Kotor 150cc, Yamaha WR 155 Vs Honda CRF 150"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com